Asian Games 2018

Atlet Atletik Indonesia Harus Menggambar Telapak Kaki Mereka, Buat Apa?

Atlet Atletik Indonesia Harus Menggambar Telapak Kaki Mereka, Buat Apa?
Tribunnews/Abdul Majid
Atlet Atletik Indonesia saat menggambar bagian telapak kaki mereka yang nantinya akan diperiksa oleh Dokter Robert asal Australia di Stadion Madya, Jakarta. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdul Majid

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Asian Games akan dibuka pada 18 Agustus 2018, artinya pesta olahraga terakbar se-Asia itu tinggal menghitung hari dari sekarang.

Semakin dekatnya Asian Games tampaknya membuat kesiapan para atlet terus diperhatikan. Satu diantaranya yakni kesiapan dari atlet atletik Indonesia  yang berlatih di Stadion Madya, Senayan, Jakarta.

Kali ini kesiapan mereka pun terfokus pada segi kesehatan. Para atlet atletik termasuk Lalu Muhammad Zohri pun tak luput dari pemeriksaan tersebut.

Metode pemeriksaan yakni masing-masing atlet terlebih dulu menggambar telapak kaki dan bagian tubuh dari pinggang hingga kaki dengan alas kertas putih.

Setelahnya, mereka memberi keterangan seperti alas kaki bagian kanan atau kiri, serta bagian depan dan belakang untuk gambar tubuh dari pinggang hingga ujung kaki.

“Ini akan dilihat sama dokter Robert. Kayak sakitnya di bagian mana, cara ini juga bisa tahu kalau misalnya ada kaki yang panjang sebelah,” kata pelatih atletik, Eni Nuraini saat ditemui di Stadion Madya, Jakarta.

Lebih lanjut, Eni juga mengatakan bahwa pemeriksaan seperti ini sudah dilakukan sejak tahun lalu, namun jelang Asian Games pemeriksaan lebih sering dilakukan, agar dokter bisa menganalisa dan memberitahu kepada atlet jika ada yang sakit di bagian tertentu.

“Ini kita lakukan untuk mengecek, ada jadwalnya dari tahun lalu, kita dimulai dengan diperiksa. Dekat-dekat Asian Games kita lebih sering, sebulan sekali,” jelas Eni.

Eni juga menmabhkan bahwa pemeriksaan ini juga dilakukan PB Pasi untuk melihat atlet-altet baru.

“Dokter Robert sudah dari 2016. Kita juga gunakan dia kalau ambil atlet baru yang remaja-remaja, sebelum latihan langsung di cek dulu, jadi ketahun kalau ada kaki yang bermasalah,” pungkasnya.

 

Penulis: Abdul Majid
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
Berita Terkait

Asian Games 2018

Ikuti kami di
KOMENTAR

Berita Terkini

Berita Populer