Pilpres 2019

Ketua KPU Ingatkan Kewajiban Laporan Dana Kampanye

partai politik peserta pemilu 2019 diminta tepat waktu menyerahkan laporan awal dana kampanye.

Ketua KPU Ingatkan Kewajiban Laporan Dana Kampanye
TRIBUNNEWS.COM/GLERY LAZUARDI
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Arief Budiman, secara resmi membuka kampanye mulai Minggu (23/9/2018) ini. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Arief Budiman, meminta partai politik peserta pemilu 2019 dan pasangan calon presiden-wakil presiden tepat waktu menyerahkan laporan awal dana kampanye.

Menurut dia, pihaknya menunggu sampai hari Minggu (23/9/2018) pukul 18.00 WIB, untuk penyerahan laporan awal dana kampanye tersebut.

"Saya ingin mengingatkan kembali, catat semua penerimaan yang masuk sampai kemarin tanggal 22. Setelah itu ditutup, hari ini dilaporkan sampai dengan 18.00 WIB. Itu sebagai laporan awal dana kampanye," ujar Arief, ditemui di lapangan Monas, Minggu (23/9/2018).

Dia menjelaskan, laporan dana kampanye merupakan sesuatu yang penting dan harus diperhatikan oleh para peserta pemilu. Jadi, dia menegaskan, tidak hanya kegiatan kampanye yang dilaporkan, tetapi laporan dana kampanye.

Pelaporan dana kampanye dibagi menjadi tiga tahapan. Tahapan pertama, merupakan laporan awal dana kampanye. Tahapan kedua, mulai dari awal kampanye tanggal 23 September sampai pertengahan masa kampanye.

Untuk tahapan ketiga, kata dia, pada hari terakhir kampanye. Pada saat hari terakhir kampanye, dia melanjutkan, seluruh pengeluaran kampanye juga akan dicatat sampai hari tersebut.

"Jadi nanti penerimaan dicatat sampai dengan pertengahan, laporkan dulu. kemudian dilanjutkan sampai akhir masa kampanye, penerimaan dan pengeluarannya stop. Baru beberapa hari kemudian diwajibkan membuat laporan penerimaan dan pengeluaran dana kampanye," jelasnya.

Penulis: Glery Lazuardi
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved