Pilpres 2019

KPU RI Belum Bisa Komentar Soal Ancaman Mundur Pilpres Kubu BPN

BPN menyebut Capresnya Prabowo Subianto bakal mundur dari Pilpres 2019 bila mendapati indikasi kecurangan

KPU RI Belum Bisa Komentar Soal Ancaman Mundur Pilpres Kubu BPN
Danang Triatmojo/Tribunnews.com
Wahyu Setiawan 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Komisioner KPU RI Wahyu Setiawan belum bisa komentar dan masih mempelajari soal ancaman mundur pasangan calon kubu Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga.

BPN menyebut Capresnya Prabowo Subianto bakal mundur dari Pilpres 2019 bila mendapati indikasi kecurangan dari penyelenggara Pemilu terus terjadi.

"Kami belum berkomentar tapi yang pasti segala sesuatu sudah diatur dalam UU Nomor 7 Tahun 2017. Jadi hak dan kewajiban paslon setelah ditetapkan sebagai peserta pemilu itu ada hak dan kewajiban," kata Wahyu di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Senin (14/1/2019).

Sebelumnya Ketua BPN Prabowo-Sandi, Djoko Santoso mencontohkan salah satu potensi kecurangan dalam Pemilu 2019 ialah diperbolehkannya orang yang menyandang disabilitas mental atau gangguan jiwa menggunakan hak pilihnya.

Menjawab itu, Wahyu mengatakan KPU pun sudah menjelaskan seluruh persoalan yang ada serinci mungkin agar tidak berkembang liar di masyarakat.

"Kita sudah menjelaskan serinci mungkin, kita juga sudah memberitahukan kepada masyarakat isu kotak suara, isu hoaks," kata dia.

Wahyu juga mempertanyakan soal tudingan kubu BPN yang meragukan netralitas KPU.

"Coba kami tidak netral dalam hal apa? Sebutkan satu saja, kami tidak netral dalam hal apa? Kami sampai sampaikan di ILC bahwa kami tidak tunduk pada TKN 01, pada BPN 02, kurang jelas apa netralitas kami?," tegas Wahyu.

Baca: Debat Capres Soal HAM, Haris Azhar: Temu Kangen Basa-basi Paslon

Untuk diketahui, ketika pasangan calon presiden dan wakil presiden mendaftarkan diri ke KPU, mereka diwajibkan memenuhi persyaratan sebagaimana termuat dalam Peraturan KPU Nomor 22 Tahun 2018.

Syarat dokumen pencapresan sebagaimana termuat dalam pasal 10 PKPU 22/2018 meliputi:

Halaman
123
Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved