Pilpres 2019

Debat Calon Presiden, Untuk Siapa?

Karena mereka hampir dipastikan sudah menentukan pilihan dari salah satu kandidat, yaitu Jokowi atau Prabowo.

Debat Calon Presiden, Untuk Siapa?
Tribunnews.com/Reza Deni
Pengamat Politik, Emrus Sihombing dalam acara diskusi bertajuk 'Mengintip Visi Misi Capres-Cawapres' di Cikini, Jakarta Pusat, Jumat (14/9/2018) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - - Lima hari lagi menjelang debat kedua Pilpres 2019, Minggu (17/2/2019) yang hanya diikuti kandidat calon presiden, Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto (Prabowo).

Muncul pemikiran, sesungguhnya debat tersebut untuk siapa?

Menurut pengamat politik dari Universitas Pelita Harapan, Emrus Sihombing, debat antar paslon, antar kandidat presiden atau antar calon wakil presiden, bukan untuk merebut kemenangan dalam kontenstasi Pilpres 2019.

Tetapi, imbuh Emrus Sihombing, utamanya untuk mencerdaskan dan mempertajam daya kritis masyarakat membuat keputusan pilihan di bilik suara nanti.

Sejatinya dia katakan, peserta yang hadir di ruangan acara debat bukanlah para tim sukses dan pendukung dari kedua kandidat presiden.

Karena mereka hampir dipastikan sudah menentukan pilihan dari salah satu kandidat, yaitu Jokowi atau Prabowo.

"Akan tetapi, peserta yang hadir dari kalangan masyarakat luas pemilik hak suara, dan mereka diberi kesempatan bertanya dan berdiskusi langsung dengan kedua kandidat presiden dengan setting natural," jelas Emrus Sihombing, kepada Tribunnews.com, Rabu (13/2/2019).

Menurut dia, ada empat kelompok utama dari masyarakat yang harus hadir dalam sisa acara debat ke depan, yaitu pemilih pemula, yang belum menentukan pilihan, yang berpotensi menjadi golput dan kelompok sosial yang belum sejahtera.

Mengapa? Pertama, pemilih pemula.

Mereka yang masih pengalaman awal menggunakan hak suaranya dalam Pemilu 2019 ini. Karenanya perlu menyaksikan langsung gaya, daya tarik, kredibilitas, sajian argumentasi, kepiawaian mengelola (emosi dan atau rasio) dalam merespon pertanyaan dan atau tanggapan, serta program dari para kandidat.

Baca: SBY Sibuk Urus Sang Istri yang sedang Sakit, Partainya Tetap Fokus Hadapi Pemilu 2019

Halaman
123
Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved