Pilpres 2019

Jelang Debat Capres Kedua, Ini Harapan Polri kepada Kedua Kubu dan Para Pendukungnya

Mabes Polri mengharapkan masing-masing pasangan calon nomor urut 01 maupun 02 dapat menjaga para pendukungnya untuk menciptakan situasi aman

Jelang Debat Capres Kedua, Ini Harapan Polri kepada Kedua Kubu dan Para Pendukungnya
Amriyono Prakoso/Tribunnews.com
Kombes Pol Syahar Diantono 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Vincentius Jyestha

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mabes Polri mengharapkan masing-masing pasangan calon nomor urut 01 maupun 02 dapat menjaga para pendukungnya untuk menciptakan situasi aman dalam debat kedua.

Dengan begitu, Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Pol Syahar Diantono berharap debat kedua nantinya dapat berjalan lancar.

Ia turut berharap kedua kubu dapat menyampaikan visi-misinya dan berdebat dengan bagus untuk meyakinkan masyarakat.

"Polri mengharapkan supaya masing-masing calon bisa menyampaikan visi-misinya, debat dengan bagus, sehingga masyarakat pun bisa mengetahui visi misinya, sama-sama saling jaga pendukungnya supaya debat nanti berjalan lancar," ujar Syahar, di Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (13/2/2019).

Disinggung masalah ada tidaknya penyekatan antar kedua kubu pendukung, Syahar menuturkan akan melihat kondisi di lapangan.

Baca: Jokowi Minta Khofifah dan Emil Langsung Tancap Gas

Ia menegaskan pihaknya telah mengantisipasi segala macam bentuk ancaman seperti apabila terjadi chaos dan pembludakan pendukung.

"Itu pasti sudah ada antisipasinya. (Soal penyekatan, - red) Kita lihat nanti di TKP, pasti cara-cara bertindak kepolisian itu sudah dipersiapkan. Kami harapkan semua bisa berjalan baik," jelasnya.

Adapun dalam debat kedua ini, pengamanan yang dikedepankan adalah dari Polda Metro Jaya dengan back-up dari Mabes Polri.

Syahar juga mengatakan debat perdana yang berjalan aman dan lancar akan dijadikan pengalaman oleh jajaran Korps Bhayangkara. Meski demikian, pengamanan nantinya akan disesuaikan dengan situasi yang ada dilapangan pada hari penyelenggaraan debat kedua.

"Terkait nanti tanggal 17 Februari debat kedua, tentunya yang dikedepankan untuk pengamanan adalah Polda Metro," kata dia.

"Pengalaman debat yang pertama Alhamdulillah bisa berjalan aman lancar. Referensi dari itu akan dilaksanakan lagi pola pengamanan itu. Tentunya pengamanan dengan perkembangan pola situasi yang ada sampai nanti hari H. Yang jelas mabes akan mem-backup juga," tandas Syahar.

Seperti diketahui, debat kedua capres rencananya digelar di di The Sultan Hotel, Senayan, Jakarta Selaran, Minggu (17/2).

Tema yang diangkat dalam debat ini antara lain energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam, dan lingkungan hidup. Selain itu, debat ini akan dipandu oleh Tommy Tjokro dan Anisha Dasuki.

Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved