Pilpres 2019

Jokowi Unggul Survei versi SMRC, TKD Banten Mengaku Puas

Menanggapi hasil survei tersebut, Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) pasangan Jokowi - KH Maruf Amin Banten, Asep Rahmatullah mengaku sangat puas

Jokowi Unggul Survei versi SMRC, TKD Banten Mengaku Puas
Tribunnews/JEPRIMA
Bakal Capres dan Cawapres Pilpres 2019, Joko Widodo dan Ma'ruf Amin saat akan melakukan tes kesehatan di RSPAD Jakarta Pusat, Minggu (12/8/2018). Tribunnews/Jeprima 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Chaerul Umam

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) merilis hasil survei terkait elektabilitas (tingkat keterpilihan) duet Jokowi - KH Maruf Amin melawan Prabowo - Sandiaga Uno di Banten.

Hasilnya, pasangan calon Nomor Urut 01 unggul tipis dengan pasangan calon nomor urut 02.

Baca: Hasil Survei Elektabilitas Terbaru Versi SMRC: Jokowi-Maruf 57,6%, Prabowo-Sandi 31,8%

Pasangan Jokowi - KH Maruf Amin memperoleh suara sebanyak 43,2 persen sementara paslon Prabowo - Sandiaga Uno 41,7 persen.

Menanggapi hasil survei tersebut, Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) pasangan Jokowi - KH Maruf Amin Banten, Asep Rahmatullah mengaku sangat puas.

Ia juga mengapresiasi atas temuan survei SMRC.

Menurutnya, hasil survei tersebut merupakan buah manis dari perjuangan para relawan dan Tim Kampanye Daerah Provinsi Banten. Apalagi, lanjut dia, Banten merupakan daerah asal wapres 01.

"Kita optimistis pasangan Capres nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin akan menang pada pilpres 2019 khususnya di Provinsi Banten," kata dia kepada wartawan, Senin (18/3/2019).

"Relawan dan Tim Kampanye Daerah Provinsi Banten akan terus berjuang agar jagoan kita unggul dibanding pasangan capres 02," imbuhnya.

Sebagai nformasi, Survei tersebut digelar sejak tanggal 27 Februari hingga 8 Maret 2019.

Survei itu juga menunjukkan adanya perubahan presentase pemilih di Banten dibandingkan dengan hasil sebelumnya.

SMRC mengambil sampel sebanyak 1.620 responden yang mempunyai hak pilih dan sudah menikah diseluruh kabupaten dan kota seluruh Banten sebagai sampel yang terdistribusi secara proporsional.

Survei dilakukan dengan wawancara tatap muka langsung oleh pewawancara yang sudah dilatih dengan quality control terhadap hasil wawancara dengan random sampling sebesar 20 persen.

Baca: Prabowo Dapat Gelar dari Kesultanan Pontianak

Hasilnya tidak ditemukan kesalahan yang cukup berarti.

Survei ini menggunakan metode multistage random sampling dan toleransi kesalahan (margin of eror) sebesar 2,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Penulis: chaerul umam
Editor: Imanuel Nicolas Manafe
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved