Pilpres 2019

Gambar Prabowo-Sandiaga Serta PKS dan Gerindra Paling Banyak Dicoblos di Arab Saudi

Untuk suara pemilu legislatif, PKS dan Gerindra menjadi peraih suara tertinggi di wilayah kerja PPLN Riyadh dengan suara sebesar 2.169 dan 1.624.

Gambar Prabowo-Sandiaga Serta PKS dan Gerindra Paling Banyak Dicoblos di Arab Saudi
FACEBOOK ZAFAR AM
Suasana coblosan Pilpres dan Pileg 2019 di KBRI Riyadh, Arab Saudi 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Nomor Urut 02 Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno unggul 5.133 suara atau 59% dari total surat suara sah (8.709 surat suara) di Arab Saudi.

Sementara pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Nomor Urut 01 Joko Widodo dan Ma'ruf Amin meraih 3.576 suara atau 41% dari total surat suara sah. Total surat suara tidak sah sebesar 153 dalam penghitungan surat suara untuk pemilihan calon presiden dan wakil presiden.

Hal itu berdasarkan data rekapitulasi dari Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Riyadh, Arab Saudi, yang disampaikan Sabtu (20/4/2019), seperti dikutip Antara. 

Baca: Istri Sibuk Urusi Anak, Aktor Ringgo Agus Rahman Merasa Dinomorduakan

Untuk suara pemilu legislatif, PKS dan Gerindra menjadi peraih suara tertinggi di wilayah kerja PPLN Riyadh dengan suara sebesar 2.169 dan 1.624.

Kemudian PDI-P (1483 suara), PKB (1021 suara), Demokrat (379 suara), PAN (292 suara), PSI (248 suara), Golkar (230 suara), PPP (201 suara), Nasdem (166 suara), Perindo (77 suara), Berkarya (59 suara), PBB (49 suara), Hanura (28 suara) dan Garuda (14 suara). 

Baca: Cerita Sakitnya Sandiaga Uno dan Janji Sang Sahabat Erick Thohir, Membesuknya

Surat suara yang dihitung adalah surat suara yang dicoblos melalui tempat pemungutan suara luar negeri (TPSLN), metode Pos, dan Kotak Suara Keliling (KSK).

Sebelumnya, ribuan warga Indonesia antusias mengikuti pemilihan umum 2019 dengan berbondong-bondong mendatangi Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Riyadh, ibu kota Arab Saudi, Jumat (12/4), waktu setempat. 

Baca: Mahfud MD: Deklarasikan Diri Sebagai Presiden Terpilih Boleh, Itu Tak Melanggar Hukum

"Suasana ramai, ribuan WNI memadati KBRI Riyadh. Para WNI terlihat antusias sekali, bersemangat sekali. Walau matahari mulai terasa menghangat," ujar salah satu diaspora Indonesia, Tatang Muhtar (41), yang saat ini tengah bekerja di Riyadh.

Pria yang telah menetap di Riyadh selama 21 tahun itu mengatakan, antusiasme pemilih kali ini sangat besar.

"Saya sendiri memilih di KBRI Riyadh. Saya datang agak siang, tiba di KBRI Riyadh pukul 09.00 pagi, suasana sudah ramai, antrian berlapis, memanjang hingga 30 meteran," ujar Tatang.

Artikel ini tayang di Kompas.com dengan judul Di Arab Saudi, Prabowo-Sandiaga dan PKS Unggul

Editor: Choirul Arifin
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved