Pilpres 2019

Fadli Zon Usulkan Pansus, PDIP: Strategi Kubu 02 untuk Delegitimasi Pemilu

usulan membentuk panitia khusus (Pansus) untuk menyelidiki kecurangan Pemilu 2019 terlalu berlebihan.

Fadli Zon Usulkan Pansus, PDIP: Strategi Kubu 02 untuk Delegitimasi Pemilu
Tribun Jabar/Gani Kurniawan
Petugas KPPS membawa kotak suara berisi surat suara Pilpres dan Pileg hasil pencoblosan Pemilu 2019 di TPS 41 untuk dikembalikan ke PPS Andir menggunakan perahu melintas banjir di RT 01 RW 13, Kelurahan Andir, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Kamis (18/4/2019) dini hari. Penghitungan surat suara di TPS yang berada di lokasi banjir itu baru selesai Kamis sekitar pukul 00.30 WIB dan kotak suara diangkut perahu sekitar pukul 01.30 WIB. Tribun Jabar/Gani Kurniawan 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua DPP PDI Perjuangan, Andreas Hugo Pareira mengatakan adanya usulan membentuk panitia khusus (Pansus) untuk menyelidiki kecurangan Pemilu 2019 terlalu berlebihan.

Hal itu dikatakan anggota DPR RI ini menanggapi usulan Wakil Ketua DPR Fadli Zon membentuk Pansus kecurangan Pemilu 2019, karena menilai banyaknya kecurangan terjadi.

Andreas mengatakan, Undang-undang sudah memberikan ruang seluas-luasnya bagi perserta pemilu yang merasa dirugikan akibat kecurangan melaporkannya ke Bawaslu, DKPP hingga ke Mahkamah Konstitusi (MK).

"Pemilu selesai, ya selesai. Yang dipilih rakyat harus dihormati. Pelaksana pemilu yang sudah bekerja keras harus dihargai. Kalau sekarang ada kecurangan, laporkan ke Bawaslu," ujar anggota Fraksi PDI Perjuangan di DPR RI ini kepada Tribunnews.com, Kamis (25/4/2019).

Baca: Kaesang Pangarep Dapat Pesan Tak Enak Dari Netizen, Putra Jokowi Beri Tanggapan : Begini Banget

Bila tidak melaporkan kecurangan pemilu disertai bukti ke Bawaslu, dia menilai itu lebih merupakan strategi kubu 02 untuk mendeligitimasi pemilu.

"Strategi 02 yang licik dengan berbagai macam cara untuk mendelegitimasi pemilu. Kalah ya kalah," ucapnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon menilai banyak kecurangan yang terjadi dalam penyelenggaraan Pemilu 2019.

Menurutnya, kecurangan yang terjadi secara terstruktur, sistematis dan masif.

Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved