Pilpres 2019

Respons Direktur Eksekutif IPI Sikapi Usulan Fadli Zon Soal Pembentukan Pansus Kecurangan Pemilu

Karyono Wibowo menilai usulan Fadli Zon soal pembentukan Pansus Kecurangan Pemilu sebagai upaya propaganda mendelegitimasi hasil Pemilu.

Respons Direktur Eksekutif IPI Sikapi Usulan Fadli Zon Soal Pembentukan Pansus Kecurangan Pemilu
Tribunnews.com/ Chaerul Umam
Direktur Eksekutif Indonesian Public Institute (IPI), Karyono Wibowo di RM Mbah Jingkrak, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Kamis (25/4/2019). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Chaerul Umam

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktur Eksekutif Indonesian Public Institute (IPI), Karyono Wibowo menilai usulan pembentukan Pansus Kecurangan Pemilu sebagai upaya propaganda mendelegitimasi hasil Pemilu.

Usulan tersebut datang dari Wakil Ketua DPR RI yang juga politikus Gerindra, Fadli Zon.

Menurutnya, apa yang disampaikan Fadli Zon sebagai upaya penggiringan opini publik seolah-olah terjadi kecurangan yang terstruktur, sistematis, dan masif.

Baca: BPN Merasa Bersyukur Prabowo Tolak Utusan Jokowi, Abdul Karding: Seharusnya Dihormati

"Ini bagian dari propaganda untuk mendelegitimasi hasil pemilu. Dibentuk opini publik tentang kecurangan sehingga masyarakat atau publik itu tidak percaya dengan penyelenggara pemilu," kata Karyono Wibowo di RM Mbah Jingkrak, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Kamis (25/4/2019).

Selain itu, ia menduga propaganda yang diluncurkan Fadli Zon untuk membangun persepsi seolah-olah Prabowo-Sandiaga kalah akibat adanya kecurangan.

"Nah ini kan bagian dari propaganda yang ujungnya nanti itu adalah kalau bukan Prabowo-Sandi yang menang maka pemilu curang," katanya.

Baca: Putin Dan Kim Jong-un Bertemu Pertama Kalinya di Rusia

"Nah data yang diklaim Fadli Zon itu kan subjektif, ini pemilunya belum diumumkan ya meskipun kalau Fadli Zon jujur dia sudah tahu siapa pemenangnya," imbuhnya.

Kendati demikian, ia setuju laporan dugaan adanya kecurangan harus diusut tuntas.

Namun, untuk mengecek kebenarannya harus dibuktikan dengan bukti dan fakta-fakta di lapangan.

Halaman
123
Penulis: chaerul umam
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved