Ada Tradisi Festival Tanglong dan Bagarakan Sahur

Festival Tanglong dan Bagarakan Sahur menjadi tradisi tahunan yang rutin digelar.

Ada Tradisi Festival Tanglong dan Bagarakan Sahur
Festival Tanglong
TRIBUNNEWS.COM, BANJARBARU  - Festival Tanglong dan Bagarakan Sahur menjadi tradisi tahunan yang rutin digelar. Tahun ini diperkirakan gelaran itu lebih meriah dengan level acara lebih besar.

Bila pada 2009 lalu total hadiah hanya Rp 88 juta maka untuk gelaran ke-10 2010 ini hadiah total yang bisa diperebutkan hinggse Rp 113,5 juta.
   
Dari tahun ke tahun memang gelaran akbar yang didukung penuh oleh Banjarmasin Post Group ini selalu dibanjiri hadiah. Untuk diketahui saja, tiap tahunnya hadiah total uang tunai selalu makin besar. Di 2008 malah hanya Rp 72 juta saja untuk hadiah totalnya.
   
"Tahun ini total hadiah sudah fiks sebesar Rp 113,5 juta yang bisa diperebutkan untuk 4 kategori," ujar Koordinator lomba dari Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kota Banjarbaru, Yayan Bass, Jumat (13/8/2010).
   
Dikatakannya, empat kategori tersebut terdiri kategori tanglong tingkat provinsi dan tingkat kota, lalu kategori bagarakan sahur tingkat provinsi dan tingkat kota.
     
Peserta terdiri dari warga Kota Banjarbaru meliputi warga komplek, mesjid, langgar, RT, SLTA, perguruan tinggi negeri, swasta dan satuan TNI juga Polri.
Dikatakannya lebih lanjut, untuk peserta kelompok selanjutnya dari kabupaten dan kota se Kalimantan Selatan, tiap Kabupaten dan Kota minimal mengirimkan wakil satu tim, yang terdiri dari Tanglong dan Bagarakan Sahur.
   
"Nah, sudah memasuki masa pendaftaran nih dan mulai banyak yang booking pendaftaran melalu telepon, meski belum ada yang datang secara langsung ke kantor. Minggu depan akan semakin ramai untuk para pendaftar," katanya.
   
Terpisah, Ketua Pelaksana Festival Tanglong dan Bagarakan Sahur Gerakan Pemuda Ansor Banjarbaru, Ahmad Soni mengatakan untuk urusan kemeriahan lainnya pun sudah mulai dipersiapkan. Seperti festival bedug akan diganti dengan maulid habsyi.
   
Sebanyak seribu penabuh tarbang seluruh Banjarbaru ditargetkan panitia memeriahakn festival tanglong dan bagarakan sahur ini.
   
"Dari informasi, sebanyak 50 group maulid habsyi di Banjarbaru. Satu grup nya ada 10-20 orang. Dari panitia sudah mulai mendata para personil ke 3 kecamatan," katanya.
   
Untuk para peserta yang nanti mendaftar diingatkan untuk pengembalian formulir pendaftaran dan dikembalikan pada saat teknikal meeting, 2 September 2010 pukul 10.00 Wita, di aula Tri sakti Pemko Banjarbaru.
   
Untuk festival budaya masyarakat, festival Tanglong dan Bagarakan sahur ini sendiri akan akan digelar 4 Sepetember mendatang.
   
Sedang rute untuk start dan Finish dilakukan di Lapangan Murjani kota Banjarbaru. Rute dimulai dari dari Lapangan Murjani lalu ke Jalan Panglima Batur, terus ke Bundaran STM dan masuk Jalan A yani.
   
Festival terus berlanjut ke Bundaran Simpang Empat ke Landasan Ulin, memutar di tugu pesawat depan pasar Kamaratih lalu kembali ke Murdjani.

Punya pertanyaan seputar Islam dan Ramadhan? Anda dapat bertanya dan berkonsultasi langsung ke Konsultasi Islami oleh Ust. Zul Ashfi, S.S.I, Lc

Kirim pertanyaan Anda ke konsultasi@tribunnews.com

Untuk lebih lanjut kunjung Rubrik Konsultasi Islami Tribunnews.com

Editor: Widiyabuana Slay
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help