Pinkan Mambo: Lebaran Berarti Iman Baru

Hari lebaran ternyata tidak harus identik dengan segala sesuatu yang serba baru, seperti pakaian dan aksesoris baru.

Pinkan Mambo: Lebaran Berarti Iman Baru
TRIBUNNEWS.COM/RICHARD TAMPUBOLON
Pinkan Mambo
Laporan Wartawan Tribunnews.com, Richard Tampubolon

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Hari lebaran ternyata tidak harus identik dengan segala sesuatu yang serba baru, seperti pakaian dan aksesoris baru. Tapi yang harus baru adalah iman, seperti diungkapkan Pinkan Mambo.

"Hari raya itu bukan baju baru, tetapi iman baru. Kalau baju baru atau lama bisa setiap hari ganti," kata Pinkan saat ditemui di studio RCTI Kebon Jeruk, Jumat (3/9/2010) siang.

Ritual lebaran di Indonesia memang tampak sebagai ritual yang harus menghadirkan benda fisik yang baru, seperti pakaian baru, peralatan baru, handphone baru, sampai mobil baru. Hal ini  mengakibatkan masyarakat kita sering dipandang konsumtif dalam merayakan ritual lebaran.

Namun, Pinkan Mambo tidak sependapat dengan itu. Baginya benda fisik baru, seperti pakaian, peralatan, hingga mobil baru dapat kita peroleh tidak di saat hari raua lebaran. Tetapi yang penting adalah iman dan ibadah yang senantiasa diperbaharui setiap kali memasuki hari raya lebaran.

Punya pertanyaan seputar Islam dan Ramadhan? Anda dapat bertanya dan berkonsultasi langsung ke Konsultasi Islami oleh Dr. Muhammad Akhyar Adnan, MBA., Ak (Dewan Pengawas LAZISMU)

Kirim pertanyaan Anda ke konsultasi@tribunnews.com

Untuk lebih lanjut kunjung Rubrik Konsultasi Islami Tribunnews.com

Editor: Widiyabuana Slay
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2016
About Us
Help