Minggu, 26 April 2015
Tribunnews.com

Bayar Fidyah Dalam Bentuk Uang

Jumat, 19 Agustus 2011 15:33 WIB

Bayar Fidyah Dalam Bentuk Uang
NET
Ilustrasi Fidyah

TRIBUNNEWS.COM - Bolehkah membayar fidyah dalam bentuk uang. Adakah batasan waktu membayar fidyah itu? Simak penjelasan Ustad Masdari Msi berikut ini.

Dalam bahasa agama fidyah itu disebut juga kaffarat, yang bisa dimaknai dengan sanksi atau sesuatu yang wajib dilaksanakan lantaran telah meninggalkan sesuatu ajaran agama, karena sebab-seban tertentu.

Fidyah atau kaffarat menjadi makin populer manakala dikaitkan dengan orang-orang yang tidak melaksanakan puasa dengan alasan tersendiri yang ditolerir agama.

Dalam Islam tidak sedikit ajaran yang memberi kelonggaran, kemudahan atau dispensasi bagi umatnya, sebagaimana halnya dengan puasa.

Salah satu prinsip ajaran Islam adalah elastis dalam pelaksanaannya. Prinsip semacam itu nyaris tidak ditemukan dalam ajaran agama lain, baik agama samawi maupun agama ardhi. Firman Allah: "Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu" (Al-Baqarag ayat 185).

Fidyah diwajibkan bagi siapa saja yang melanggar larangan puasa di siang hari, seperti suami istri yang melakukan jima. Dasar hukum fidyah antara lain disebutkan dalam sabda Rasulullah SAW: "Jika ia meninggalkan puasa tanpa uzur, wajiblah difidyahkan, tapi karena uzur tidak".

Seperti termaktub dalam hadis di atas, fidyag direalisasikan dengan memberi makan seorang fakir miskin selama satu hari. Sedikit banyak bilangan hari memberi fakir miskin tergantung kepada berat ringannya jenis pelanggaran yang dilakukan oleh orang yang berpuasa tersebut.

Halaman12
Editor: Anita K Wardhani
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2015 About Us Help
Atas