Agar Ibu Menyusui Tetap Fit Berpuasa

Selasa, 23 Agustus 2011 07:28 WIB

Agar Ibu Menyusui Tetap Fit Berpuasa
Ist

TRIBUNNEWS.COM - KEMAMPUAN seorang ibu untuk berpuasa pada masa-masa menyusui berkaitan erat dengan kondisi kesehatannya yang pasti tak lepas dari pola hidup dan pola makan.

Asupan gizi pada ibu menyusui harus memadai untuk menyuplai laktasi yang dibutuhkan bayi. "Asupan makanan selama berpuasa ini bisa dibuat sama dengan saat tidak berpuasa," kata
Maya Midiyatie Afridha, ahli gizi di Banjarmasin.

Perbedaan paling signifikan pada Ramadan hanya masalah waktu makan. Ibu yang biasanya makan pagi, siang, dan malam harus mengubah jam makan pada waktu sahur dan berbuka.

Oleh sebab itu, dua waktu makan ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya dengan memaksimalkan asupan gizi pada dua waktu makan tersebut.

Sebenarnya saat berpuasa, ASI yang dihasilkan ibu menyusui tidak akan berubah dan berkurang kualitasnya karena saat berpuasa tubuh akan melakukan mekanisme kompensasi.

Produksi ASI akan diambil dari zat gizi, yaitu energi, lemak, protein, vitamin dan mineral dari tubuh sang ibu. Penggantian zat-zat tersebut akan terjadi pada saat berbuka sehingga ibu menyusui akan tetap sehat.

Dengan perubahan jadwal makan, bukan berarti asupan makanan yang dikonsumsipun ikut berubah. Ibu menyusui harus tetap makan tiga kali sehari, saat sahur, berbuka dan setelah tarawih dan secara disiplin mengonsumsi makanan dengan gizi berimbang, yaitu dengan komposisi 60 persen karbohidrat, 15-20 persen protein dan 20- 25 persen lemak.

Halaman
12
Editor: Anita K Wardhani
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2015 About Us Help