• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 23 Oktober 2014
Tribunnews.com

Besok, Negara-negara di Eropa dan Amerika Mulai Puasa

Kamis, 19 Juli 2012 03:19 WIB
Besok, Negara-negara di Eropa dan Amerika Mulai Puasa
TRIBUN KALTIM/FACHMI RACHMAN
Kepala Kantor Kementerian Agama Wilayah Balikpapan, Saifi mencoba melihat hilal dengnan Theodolit Ketinggian milik BMKG Balikpapan di Gunung Dubbs Komplek Pertamina Balikpapan, Agustus tahun lalu.

TRIBUNNEWS.COM - Sejumlah negara Islam, dan di Eropa, Amerika, Afrika, dan beberapa negara di Asia, termasuk Malaysia dan Jepang, merujuk ketetapan kerajaan Arab Saudi yang menetapkan awal Ramadan jatuh pada, Jumat (20/7/2012).

Dalam laman The Astronomical New Moon, situs rujukan para penganut aliran Islam Global, juga melansir bahwa 1 Ramadan akan jatuh pada Jumat besok.

Kelompok Islam global, yang menginginkan agar umat Islam di seluruh dunia bersatu, baik dalam penggunaan kalender hijriyah dan syariah, termasuk menaati hukum Islam dari Quran dan Sunnah.

Kelompok ini mengabaikan faktor Islam lokalitas, termasuk penentuan hari besar Islam.

Kelompok advokasi Muslim Amerika terkemuka, Council on American-Islamic Relations (CAIR), sudah menyerukan kaum Muslim secara nasional untuk
menyiapkan sahur di hari Jumat (20/7/2012) dini hari.

"Untuk meningkatkan hubungan antarumat beragama, sangat penting Muslim Amerika menjangkau tetangga mereka dari semua keyakinan untuk menawarkan informasi yang seimbang dan akurat tentang Islam dan komunitas Muslim," kata Nihad Awad, Direktur Eksekutif Nasional CAIR dalam siaran persnya.

Federasi Organisasi Islam Eropa (FIOE) dan Dewan Fatwa Eropa (ECFR) juga mengumumkan, secara astronomis, awal Ramadan tahun ini mulai 20 Juli 2012.

Mesir dan Turki juga menyatakan bahwa 20 Juli sebagai awal puasa Ramadan. Lembaga riset nasional astronomi dan geofisika Mesir menyatakan, menurut perhitungan astronomis, bulan puasa Ramadan 1433 H/2012 M akan dimulai hari Jumat, 20 Juli.

Lembaga riset nasional astronomi dan geofisika Mesir seperti dilansir Onislam.net. "Bulan Ramadan akan muncul pada Kamis, 19 Juli," kata Ketua Institut Riset Nasional Astronomi dan Geofisika Mesir Hatem Ouda.

Menurutnya, bulan baru akan terlihat dengan jelas di kota suci Makkah.

Kaum Muslim di Amerika Utara, termasuk Amerika Serikat dan Kanada juga akan mengawali puasa Ramadan tahun ini pada Jumat 20 Juli menurut perhitungan astronomi.

"Hari pertama Ramadan adalah hari Jumat, 20 Juli, Insya Allah," tegas Dewan Fiqih Amerika Utara (FCNA) dalam sebuah pernyataan yang diperoleh OnIslam.net. Mengutip pernyataan FCNA, organisasi Islamic Society of North America (ISNA).

Di Nigeria (Afrika), menurut perhitungan astronomi, bulan suci Ramadan juga akan dimulai hari Jumat, 20 Juli 2012.

Di Hong Kong, awal Ramadan akan diumumkan The Incorporated Trustees of the Islamic Community Fund of Hong Kong hari Kamis malam, 19 Juli. (din/edi)

BACA JUGA:

Editor: Anwar Sadat Guna
Sumber: Tribun Timur
0 KOMENTAR
738221 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas