• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 23 Oktober 2014
Tribunnews.com

Apakah Suntik Membatalkan Puasa?

Sabtu, 28 Juli 2012 07:15 WIB
Apakah Suntik Membatalkan Puasa?
net
ilustrasi

TRIBUNNEWS.COM - Puasa memang wajib untuk umat muslim. Namun, bagaimana saat sakit dan harus suntik? Apa hukumnya bersuntik ke dokter karena sakit? Puasanya batal atau tidak?

H Masyithah Umar, Dosen IAIN Antasari Banjarmasin dalam kolom tanya jawab Ramadan di Banjarmasin Post (Tribun Network) menjelaskan, kata Ibju Hazm, tidak batal puasa karena bekam dan bersuntik (Al Muhalla VI: 203, dalam TM Hasbi Ash-Shiddieqi, 1977:95).

Bersuntik tentunya dilakukan oleh seorang ahli (medis) dan sudah melalui pemeriksaan bahwa yang bersangkutan benar-benar sakit dan memerlukan pertolongan. Biasanya kalau tidak terpaksa, suntikan tidak akan dilakukan oleh para medis kepada pasien.

Bagi orang yang sakit berlaku ketentuan sebagai berikut: Bila seseorang yang sedang puasa sakit dan dikhawatirkan puasanya menunda kesembuhannya maka dia boleh tidak puasa (kesepakatan tiga imam mazhab).

Sedang menurut Hanabilah, disunat untuk berbuka dan makruh baginya berpuasa.

Syafi’iyah berpendapat bila seseorang hanya diduga akan sakit bila berpuasa maka dia tetap harus mencoba berpuasa. Jika terbukti berbahaya baru boleh berbuka. Jika bersuntik tidak terkait dengan sakit maka puasanya batal (karena tidak ada sebab atau alasan).

Tetapi bila sifatnya lil ikhthiyat (kehati-hatian) maka bersuntik terkait dengan sakit, sehingga berlaku kaidah keringanan bagi yang sakit, dan bersuntik tidak batal sesuai kaidah fiqh”dar’ul mafasid muqaddamun ‘ala jalbil mashalih”, menolak kerusakan didahulukan daripada mengambil yang maslahat.

Walaupun tidak batal untuk kemaslahatan bagi yang sakit sebaiknya perhatikan dan cermati pendapat imam mazhab di atas, terima kasih.

Editor: Anita K Wardhani
0 KOMENTAR
770641 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas