• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Selasa, 16 September 2014
Tribunnews.com

Begini Caranya Agar Gula Darah Tak Melonjak Saat Berbuka

Senin, 30 Juli 2012 13:40 WIB
Begini Caranya Agar Gula Darah Tak Melonjak Saat Berbuka
Tribun Jakarta/JEPRIMA
Hati-hati dengan pemanis buatan pada minuman berbuka puasa yang dijual bebas. Jangankan pemanis buatan, gula tebu saja kurang bagus. Gantilah dengan pemanis alami berbahan buah.

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menyantap menu sembarangan, dengan pemanis berbahan sembarangan, potensial memicu penyakit hipoglikemia.

Karena itu, dianjurkan mengonsumsi gula alami saat berbuka puasa. Karena kontrol asupan gula saat berbuka puasa wajib dilakukan, agar tetap sehat menjalankan ibadah puasa.

"Kita bisa membuat berbagai kreasi manis yang tetap sehat, misalnya memilih menu berbuka yang memiliki rasa manis alami seperti buah-buahan, " jelas dokter bagian Gizi Klinik di RSCM, dr. Diana Suganda, MKes.

Pemilihan buah-buahan karena memiliki kandungan gula buah atau fruktosa yang lebih sehat dibandingkan dengan gula. Untuk membuat menu berbuka dengan pemanis alami ternyata mudah. Diana memiliki kiat-kiatnya.

- Berbuka dengan kurma memang bagus, karena kurma mengandung karbohidrat kompleks, tidak menaikkan gula darah secara drastis.
- Ketika memasak kolak, kita dapat mengganti atau mengurangi gula pasir/jawa dengan menghaluskan labu kuning atau ubi jalar. Lalu siapkan santan encer.
- Jika membuat koktail, ganti air sirup dengan jus buah. Misalnya semangka, melon, atau air kelapa.
- Sedangkan untuk puding atau agar-agar, gunakan buah-buahan sebagai isinya, dan sebagai rasa manis, tuangkan air kelapa, jus jeruk, atau jus tomat.

"Kita harus cermat memilih menu berbuka, agar puasa tetap sehat, dan bisa menikmati makanan," Diana mengingatkan.

Langkah mengganti gula dengan pemanis alami berbahan buah menghindarkan lonjakan kadar gula darah saat berbuka puasa. (Agustina N.R)

Baca artikel menarik lainnya

Penulis: Agustina Rasyida
Editor: Agung Budi Santoso
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
776431 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas