• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Rabu, 1 Oktober 2014
Tribunnews.com

Apakah Bayi Baru Lahir Wajib Zakat?

Selasa, 7 Agustus 2012 08:53 WIB
Apakah Bayi Baru Lahir Wajib Zakat?
facebook/dok pribadi

TRIBUNNEWS.COM - Zakat fitrah wajib atas kaum muslimin, anak kecil, besar, lelaki, perempuan, merdeka, dan hamba. Nah, bagaimana dengan bayi yang baru lahir, apakah kewajiban itu langsung melekat?

Ustadz Santoso, Wakil Ketua BAZ Batam menerangkan berdasarkan hadits Abdullah bin Umar ra Rasulullah SAW mewajibkan zakat ftrah sebanyak satu shaa' kurma atau satu shaa' gandum atas hamba dan orang merdeka, kecil dan besar dari kalangan muslimin." (Riwayat Bukhari (3/291) dan Muslim (984).)

Sekretaris MUI Batam ini juga menjelaskan adapun waktu menunaikan kewajiban Zakat Fithrah adalah ketika tenggelamnya matahari pada malam Idul Fithri. Maka barang siapa yang terkena kewajiban zakat ketika itu wajib baginya untuk menunaikan zakat dan jika tidak terkena kewajiban maka tidak diwajibkan untuk berzakat.

"Kewajiban zakat fitrah kepada bayi, jika seorang bayi dilahirkan setelah tenggelamnya matahari walaupun beberapa detik setelahnya, maka tidak wajib atasnya untuk mengeluarkan zakat, akan tetapi disunnahkan untuk mengeluarkannya sebagaimana keterangan sebelumnya. Dan jika dilahirkan sebelum tenggelamnya matahari walaupun beberapa detik sebelumnya, wajib untuk mengeluarkan zakat fithrah," jelas Santoso.

Begitu juga terhadap orang yang meninggal, apabila seseorang meninggal sebelum tenggelamnya matahari walaupun beberapa detik sebelumnya, maka tidak wajib atasnya untuk berzakat fithrah. Adapun jika meninggal setelah tenggelamnya matahari, walaupun beberapa detik saja, wajib atas dia untuk mengeluarkan zakat fithrah.

Kisah Pemaaf

Cara dan Manfaat Itikaf

Nikmat Sabar

Editor: Anita K Wardhani
Sumber: Tribun Batam
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
803181 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas