Ramadan 2013

Senin Petang Sidang Isbat Tentukan Awal Ramadan 1434

Kementerian Agama akan menggelar Sidang Isbat untuk menentukan awal bulan Ramadan 1434 H di Jakarta, Senin (8/7/2013) petang

Senin Petang Sidang Isbat Tentukan Awal Ramadan 1434
/TRIBUN MANADO/RIZKY ADRIANSYAH
ilustrasi

Tribunnews.com, Jakarta- Kementerian Agama akan menggelar Sidang Isbat untuk menentukan awal bulan Ramadan 1434 H di Kantor Kementerian Agama, Jakarta, Senin (8/7/2013) petang. Melalui Sidang Isbat, Kemenag akan menetapkan awal puasa Ramadhan.

Seperti dikutip situs Sekretariat Kabinet, sidang Isbat akan diikuti oleh para ahli astronomi dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN). Mereka akan mempresentasikan posisi bulan dari seluruh Indonesia.

Kepala Pusat Informasi dan Hubungan Masyarakat Kemenag Zubaidi mengatakan, melalui Direktorat Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah, Kemenag telah mempersiapkan tim hisbah dan rukyat di seluruh Indonesia. Tim pengamatan hilal disebar di berbagai titik di 33 provinsi.

Dalam pemantauan hilal, Kemenag juga akan melibatkan tim hisab dan rukyat dari masyarakat dan ormas Islam, Nahdlatul Ulama dan beberapa pesantren, kata Zubaidi.

Hasil Sidang Isbat yang diharapkan selesai 19.45 WIB, tambah dia, akan langsung disosialisasikan ke masyarakat malam nanti. Pihaknya akan mengirimkan surat edaran ke seluruh Kantor Wilayah Kemenag.

Punya pertanyaan seputar Islam dan Ramadhan? Anda dapat bertanya dan berkonsultasi langsung ke Konsultasi Islami oleh Dr. Muhammad Akhyar Adnan, MBA., Ak (Dewan Pengawas LAZISMU)

Kirim pertanyaan Anda ke konsultasi@tribunnews.com

Untuk lebih lanjut kunjung Rubrik Konsultasi Islami Tribunnews.com

Editor: Gusti Sawabi
Sumber: Kompas.com
Tags
isbat
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2016
About Us
Help