Bagaimana Bacaan Takbir yang Benar dalam Islam?

Bacaan takbir (Allahu Akbar) dalam shalat ada dua macam, yaitu Takbiratul Ihram dan Takbir Intiqal/Intiqalat.

Bagaimana Bacaan Takbir yang Benar dalam Islam?
net

TRIBUNNEWS.COM - Seorang jamaah salat menanyakan mengapa imam yang memimpinnya salat dalam setiap gerakan salat yang biasanya dibacakan takbir umpamanya ruku dan sujud, hanya melafazdkan "Allah" bukan "Allah Akbar".

Bagaimana Islam mengaturnya? H Mawardi AS, Ketua MUI Lampung menjelaskan bacaan takbir (Allahu Akbar) dalam shalat ada dua macam, yaitu Takbiratul Ihram dan Takbir Intiqal/Intiqalat.

1. Takbiratul Ihram yaitu takbir di awal shalat (memulai shalat). Hukumnya wajib, tidak boleh tidak, karena ia termasuk rukun shalat.

"Tidaklah sholat  seseorang itu menjadi sempurna sampai ia  berwudhu dengan benar, lalu berkata Allohu Akbar" (HR Thabrani)

Dalam hadits riwayat Ahmad dan Hakim disebutkan bahwa Rasulullah SAW mengangkat suaranya dalam takbir sehingga terdengar oleh orang-orang yang makmum dibelakangnya.

Rasulullah SAW bersabda, "Apabila imam mengucapkan Allohu Akbar, maka katakanlah Allohu Akbar" (HR Ahmad dan Baihaqi).

2. Takbir Intiqal/Intiqalat yaitu takbir ketika berpindah gerakan shalat, dari berdiri ke ruku, bangkit dari ruku, hendak sujud, bangkit dari sujud, dan seterusnya.

Halaman
12

Punya pertanyaan seputar Islam dan Ramadhan? Anda dapat bertanya dan berkonsultasi langsung ke Konsultasi Islami oleh Dr. Muhammad Akhyar Adnan, MBA., Ak (Dewan Pengawas LAZISMU)

Kirim pertanyaan Anda ke konsultasi@tribunnews.com

Untuk lebih lanjut kunjung Rubrik Konsultasi Islami Tribunnews.com

Editor: Anita K Wardhani
Sumber: Tribun Lampung
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2016
About Us
Help