• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Senin, 28 Juli 2014
Tribunnews.com

Asyiknya Ngabuburit di Situs Keramat Kalijaga

Kamis, 18 Juli 2013 15:17 WIB
Asyiknya Ngabuburit di Situs Keramat Kalijaga
Jabar prov
Situs Keramat Kalijaga, Kota Cirebon 

TRIBUNNEWS.COM, CIREBON - SELAMA Ramadan, jumlah pengunjung Situs Keramat Kalijaga, Kota Cirebon, meningkat dibanding pada hari-hari biasa. Banyak pengunjung, baik dari dalam maupun dari luar Kota Cirebon mengunjungi tempat ini sambil menunggu saat berbuka puasa.

Dari pohon-pohon berbatang besar di taman dengan luas sekitar dua hektare itu, monyet- monyet turun ke jalan. Beberapa di antaranya sambil mengendong bayi. Sesekali mereka menyeberangi jalan ataun turun ke sungai untuk meminum air. Lain waktu, mereka mengincar makanan di gerobak milik penjual makanan di tempat itu.

Mungkin lantaran terbiasa, monyet kecil itu tidak tampak ketakutan berhadapan dengan para pengunjung tetapi malah mendekat. Binatang-binatang kecil itu, tentu saja, senang ketika mendapat buah pisang dan kacang dari pengunjung.

Momen lucu ketika monyet-monyet itu berusaha mendapat atau menangkap lemparan pisang dan kacang itu yang membuat pengunjung tertarik.

Dian (20) misalnya. Ia langsung merekam tingkah monyet-monyet itu menggunakan kamera ponselnya. Bahkan, ia sering memakai umpan kacang untuk mendapat gambar dan video yang bagus.

Karena itu, Dian tak harus melangkah mengikuti ke mana monyet-monyet itu pergi. Pemuda asal kawasan Penggung, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon, itu cukup bersantai di atas motornya.
"Lucu aja lihat tingkah mereka," kata lelaki itu itu, belum lama ini.

Sore itu, Dian tak sendirian. Ia membawa serta putri kecilnya, Dini. Dia sengaja mengajak si kecil 'ngabuburit'. Situs Keramat Kalijaga terbilang sebagai objek wisata fauna yang menarik. Tempat wisata tanpa karcis masuk itu bisa menjadi pilihan untuk 'ngabuburit' selama masa puasa.

Pengunjung pun tidak perlu mengeluarkan banyak uang kecuali untuk sekadar membeli buah pisang atau kacang agar berdekatan dengan monyet-monyet lucu itu. Pengunjung bisa sedikit menyisihkan sedikit uangnya ke kotak amal. Namun, pengunjung bisa menikmatinya secara gratis.

Wisata murah meriah inilah yang menarik hati Suherni (35) yang sengaja mengajak dua anaknya menikmati aksi-aksi monyet di Taman Kalijaga. "Saya cukup mengeluarkan uang paling banyak Rp 5.000 untuk membeli kacang atau pisang. Ya, lebih enak daripada jalan- jalan ke mal," katanya.

Penjaga situs Keramat Kalijaga, Bambang Mas Adiningrat (57), mengakui tempat wisata itu terutama banyak dikunjungi sepanjang Ramadan. Menurut Bambang, jumlah pengunjung bisa meningkat dua hingga tiga kali lipat daripada hari biasa.

Sebenarnya, objek wisata serupa ada juga di Kabupaten Cirebon, persisnya objek wisata Plangon, Desa Babakan, Kecamatan Sumber. Lokasi wisata itu pun ramai dikunjungi selama masa puasa. Sama seperti di Situs Keramat Kalijaga, monyet-monyet sering turun ke jalan. (tom)

Editor: Anita K Wardhani
Sumber: Tribun Jabar
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
2046401 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas