Ramadan 2016

Masjid Raya Al Azhom di Tangerang Memiliki Lima Kubah Raksasa

Tersiar kabar Masjid Raya Al A'zhom di Jalan Satria Sudirman, Tangerang, memiliki kubah terbesar di Indonesia, bahkan di dunia.

Masjid Raya Al Azhom di Tangerang Memiliki Lima Kubah Raksasa
Tribunnews.com/Taufik Ismail
Masjid Raya Al Azhom berada di dalam kompleks Pemerintah Kota Tangerang, Banten. Masjid ini mampu menampung 15 ribu jemaah. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Taufiq Ismail

TRIBUNNEWS.COM, TANGERANG - Tersiar kabar Masjid Raya Al A'zhom di Jalan Satria Sudirman, Tangerang, memiliki kubah terbesar di Indonesia, bahkan di dunia.

Tampak dari kejauhan kubah masjid tersebut mentereng megah. Masjid ini terletak di dalam kompleks Pemerintahan Kota Tangerang, Banten.

Kubah utama masjid ini disangga empat kubah lainnya. Warna biru dan hijau muda mendominasi warna kubah. Tumpukan kubah tersebut memiliki diameter kurang lebih 63 meter.

Masjid ini semakin cantik dengan empat menara setinggi kurang lebih 50 meter di tiap sudut. Di atas menara terdapat lampu pijar warna merah dan hijau. Bila malam hari, menara tersebut tampak hijau menyala.

Halaman masjid tertata rapi. Di setiap sudut lahan parkir yang mengelilingi masjid berjejer tong sampah. Deretan pepohonan di halaman parkir membuat lingkungan masjid semakin rindang.

Di dalamnya, kaligrafi Arab menghiasi dinding masjid. Terdapat tiga jam duduk yang terbuat dari kayu yang di tempatkan di dekat mimbar terbuat dari kayu yang posisinya tidak sejajar dengan imam namun sedikit menjorok ke belakang.

Masjid ini dilengkapi dengan sejumlah ruang pendukung di antaranya ruang rapat pengurus, kantor, ruang perlengkapan, dan lainnya.

Meski hanya terdapat satu alat pendingin udara, hawa di dalam masjid tidak terasa panas. Tinggi kubah dipercaya membuat udara mengalir segar. Atap berupa lima lekukan kubah berwarna kuning emas. Di dalam kubah bagian dalam terdapat tulisan ayat-ayat dalam surat Al-Baqarah, Al-An'am, Ali-Imron, An-Nahl, An-Nisa, An-Nur, dan At-Taubah.

Di sisi kiri dan Kanan, terdapat tangga untuk ke lantai atas. Lantai tersebut tidak terlalu luas dibanding lantai dasar, hanya kurang lebih 900 meter persegi.

Halaman
12

Punya pertanyaan seputar Islam dan Ramadhan? Anda dapat bertanya dan berkonsultasi langsung ke Konsultasi Islami oleh Ust. Zul Ashfi, S.S.I, Lc

Kirim pertanyaan Anda ke konsultasi@tribunnews.com

Untuk lebih lanjut kunjung Rubrik Konsultasi Islami Tribunnews.com

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Y Gustaman
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help