Ramadan 2017

Menjalankan Puasa Tapi Tak Tunaikan Salat

Mungkin banyak diantara kita menyaksikan, banyak sekali muslim yang menjalankan ibadah Puasa Ramadan namun tidak melaksanakan ibadah Salat.

Menjalankan Puasa Tapi Tak Tunaikan Salat
TRIBUN MEDAN/DANIL SIREGAR
Umat muslim melaksanakan salat tarawih pertama di Masjid Agung, Medan, Sumatera Utara, Jumat (26/5/2017). Pemerintah menetapkan 1 Ramadan 1438 Hijriah jatuh pada hari Sabtu 27 Mei 2017. TRIBUN MEDAN/DANIL SIREGAR 

TRIBUNNEWS.COM, SEMARANG - Mungkin banyak diantara kita menyaksikan, banyak sekali muslim  yang menjalankan ibadah Puasa Ramadan namun tidak melaksanakan ibadah Salat.

Kemeriahan buka puasa bersama kadang membuat orang melupakan salat.

Dr Jamal Makmur Asmani, Koordinator Departemen Pendidikan, Kajian, dan Pelatihan RMI-NU Jateng mengatakan tujuan Puasa adalah menjaga hamba Allah yang bertakwa.

Ciri orang bertakwa dalam QS. Al-Baqarah 2: 3-5 adalah orang yang beriman kepada sesuatu yang ghaib, menjalankan shalat, menginfakkan sebagian rizki, beriman kepada Alquran dan kitab-kitab sebelumnya, dan yakin terhadap hari akhir.

Dosen IPMAFA Pati ini mengatakan orang-orang itulah orang yang mendapat petunjuk dan yang beruntung.

Melihat firman Allah ini, maka menjalankan salat adalah prioritas.

Orang yang menegakkan salat sama dengan orang yang menegakkan agama dan orang yang meninggalkan salat sama dengan merobohkan agama.

Dalam mendidik anak misalnya, shalat adalah prioritas utama.

Ketika anak usia 7 tahun, anak diperintahkan menjalankan salat dan diberi peringatan serius ketika sampai usia 10 masih belum menjalankan salat. Artinya, tiga tahun mulai usia 7-10 adalah waktu yang dibutuhkan untuk membiasakan salat pada anak sampai menjadi kebutuhan seperti makan-minum.

Salat adalah hadiah terbesar Allah untuk umat Islam yang diberikan kepada Nabi Muhammad SAW. ketika Isra’ Mi’raj, maka salat harus dilakukan selama manusia berakal sehat dan hayat masih di kandung badan.

Halaman
12

Punya pertanyaan seputar Islam dan Ramadhan? Anda dapat bertanya dan berkonsultasi langsung ke Konsultasi Islami oleh Ust. Zul Ashfi, S.S.I, Lc

Kirim pertanyaan Anda ke konsultasi@tribunnews.com

Untuk lebih lanjut kunjung Rubrik Konsultasi Islami Tribunnews.com

Editor: Anita K Wardhani
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help