Berkah Ramadan

Rindu ke Tanah Suci, Sebenarnya Berapa Biaya Umrah Yang Rasional?

Lantas sebenarnya berapa biaya perjalanan umrah yang wajar? Lalu, apa saja fasilitas yang bisa kita dapatkan?

BizzInsight
Rindu ke Tanah Suci, Sebenarnya Berapa Biaya Umrah Yang Rasional?

TRIBUNNEWS.COM – Setiap umat Muslim tentu ingin menunaikan ibadah. Namun, karena bisa memakan waktu yang lama untuk menunggu antrean, maka ibadah umrah menjadi pilihan utama bagi mereka yang rindu berkunjung ke Tanah Suci.

Agen perjalanan pun marak menyediakan berbagai program perjalanan murah hingga membuat semua orang ‘bingung’ memilih mana biro perjalanan yang tepat.

Lantas sebenarnya berapa biaya perjalanan umrah yang wajar? Lalu, apa saja fasilitas yang bisa kita dapatkan?

Tiket Pesawat

Membicarakan tiket pesawat pastinya harus Anda sesuaikan dengan waktu keberangkatan. Biasanya biaya akan naik berlipat-lipat pada bulan Ramadan dan bulan Haji karena jumlah jemaah umrah yang terus meningkat.

Untuk tiket pulang-pergi Jakarta-Jeddah standarnya bisa mencapai antara 1.000-1.300 USD atau setara dengan 13-17 juta Rupiah.

Kalaupun mendapatkan harga promo, paling murah dibanderol dengan harga 8 juta Rupiah.

Akomodasi

allianz

Sama seperti jalan-jalan ke negara lain, selama umrah penginapan yang disediakan terdiri dari berbagai macam. Anda bisa mengambil tipe kamar quad (4 orang/kamar), triple (3 orang/kamar), atau double (2 orang/kamar).

Yang jelas, hotel bintang 1-3 merupakan tipe akomodasi yang lebih murah. Apalagi, semakin dekat hotel dengan Masjidil Haram/Masjid Nabawi, akan semakin tinggi juga biaya yang dikeluarkan.

Kisaran biayanya mencapai Rp 2-6 juta per jemaah.

Konsumsi

Selama di sana, Anda akan memperoleh hidangan sebanyak tiga kali secara prasmanan. Biaya konsumsi ini totalnya berkisar antara Rp 900 ribu hingga yang paling mewah Rp7,5 juta per jemaah selama 9 hari.

Biaya Lain-Lain

Tidak hanya untuk kebutuhan primer, Anda juga akan dijamu dengan tur berkeliling ke tempat-tempat wisata di Mekkah dan Madinah dengan bis. Untuk tur dan sebagainya dibanderol sekitar 2-2,5 juta. Jadi, total biaya LA (Land Arrangement) alias biaya operasional selama di Tanah Suci seperti transportasi, tour guide, transfer airport, dan air zam-zam bisa mencapai 4,6 juta untuk yang terendah dan tertinggi hingga 16 juta.

Belum lagi biaya urus visa, manasik, dan administrasi. Bisa disimpulkan uang yang Anda butuhkan untuk perjalanan umrah sekitar 22 juta-28 juta.

Bagi saudara yang kurang beruntung, hal ini hanya terasa seperti mimpi belaka. Namun, percayakah Anda selalu ada berkah di bulan Ramadan?

allianz

Di momen yang indah ini, Anda bisa memberikan kesempatan kepada mereka yang tidak mampu, untuk merasakan ibadah umrah. Melalui kampanye #kadoramadhanallianz, Allianz Syariah ingin mengajak Anda berbuat kebaikan yang bermakna dengan mewujudkan mimpi mereka melalui tulisan.

Program ‘Kado Umroh’ mengajak Anda untuk mereferensikan orang yang menginspirasi bagi Anda dan berhak untuk mendapatkan ibadah umrah secara gratis.

Misalnya, Anda bisa memberikan kado berharga kepada asisten rumah tangga yang selalu menyiapkan sarapan sebelum Anda berangkat kerja, atau satpam komplek yang sudah memberikan rasa aman di tempat tinggal sekitar.

Anda juga bisa memberikan kado Ramadhan ini sebagai wujud kasih sayang kepada orangtua.

Allianz sendiri telah menyediakan Kado Umroh (yang di dalamnya sudah termasuk akomodasi, transportasi, dan uang saku) bagi 25 orang yang kisahnya terpilih.

Penasaran bagaimana caranya agar bisa memberikan #kadoramadhanallianz kepada orang terkasih? Simak langkahnya di link berikut!

Penulis: Dana Delani 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved