Ramadan 2019

Syekh dari Gaza Jadi Imam Salat Tarawih di Masjid Raya Baiturrahman Aceh Selama Bulan Ramadan

Syekh Gassan as-Syurbaji dari Darul Quran, Gaza, Palestina akan menjadi imam salat Isya, Tarawih, dan Witir di Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh.

Syekh dari Gaza Jadi Imam Salat Tarawih di Masjid Raya Baiturrahman Aceh Selama Bulan Ramadan
Istimewa
Syekh Gassan as-Syurbaji dari Gaza Palestina.

TRIBUNNEWS.COM, BANDA ACEH - Syekh Gassan as-Syurbaji dari Darul Quran, Gaza, Palestina akan menjadi imam salat Isya, Tarawih, dan Witir di Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh selama bulan suci Ramadan 1440 Hijriah.

Sementara ulama dari Sudan yakni Syekh Hammam Abu Zaid Mustafa akan melaksanakan tugas yang sama di Masjid Agung Al-Makmur, Lampriek, Banda Aceh, mulai Minggu (6/5/2019) malam nanti sampai malam terakhir Ramadan.

"Kedua syekh itu juga akan memimpin salat malam (Qiyamul Lail) pada 10 malam terakhir Ramadan kali ini di masjid yang sama," ujar Ketua Umum Pengurus Wilayah Dewan Masjid Indonesia (PW DMI) Aceh, Ustaz Fachruddin Lahmuddin SAg MPd kepada Serambi, di Banda Aceh, kemarin.

Menurutnya, Syekh Hammam yang merupakan Imam Masjid Haji Noor, Khartoum (Ibu Kota Sudan) tiba di Banda Aceh pada Minggu (6/5/2019) hari ini sekitar pukul 15.00 WIB.

"Insya Allah beliau bisa langsung menjadi imam Tarawih di Masjid Agung Al-Makmur mulai malam pertama Ramadan," katanya.

Sementara Syekh Gassan as-Syurbaji, lanjut Ustaz Fachruddin, awalnya direncanakan tiba di Banda Aceh pada Sabtu (4/5/2019).

Namun, akibat adanya serangan Israel ke Palestina pada Kamis (2/5/2019) yang bertepatan dengan saat Syekh Gassan as-Syurbaji bersama ratusan warga Gaza lainnya tiba di Raffah untuk berangkat umrah melalui Mesir, mereka tak diizinkan meninggalkan negaranya dan kemudian dipulangkan kembali ke Gaza oleh Pemerintah Mesir.

Baca: Hakim Kayat Minta Rp 500 Juta Jika Sudarman Ingin Bebas, Tapi Baru Dibayar Rp 100 Juta

Karena itu, Syekh Gassan as-Syurbaji belum tiba di Banda Aceh.

Posisinya untuk sementara digantikan oleh Syekh Naji al-Ja’farawi yang juga berasal dari Darul Quran, Gaza.

"Syekh Naji sudah tiba di Banda Aceh pada Sabtu (4/5/2019) sore. Kita sudah minta bantuan Kemenlu Palestina agar Syekh Gassan bisa segera keluar dari Gaza. Permintaan itu sudah direspons dan insya Allah Syekh Gassan kita perkirakan tiba di Aceh pada Rabu mendatang. Kita harapkan pada malam kelima Ramadan beliau sudah bisa memimpin salat Tarawih di Masjid Raya Baiturrahman," jelas Ustaz Fachruddin.

Syekh Gassan as-Syurbaji dari Gaza Palestina.
Syekh Gassan as-Syurbaji dari Gaza Palestina. (Istimewa)
Halaman
12
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved