Mudik Lebaran 2019

Jasa Raharja Pastikan Tak Ada Pungli di Mudik Gratis BUMN 2019

Budi Rahardjo menegaskan akan memberikan sanksi tegas bagi perusahaan otobus atau panitia yang melakukan pungli kepada peserta

Jasa Raharja Pastikan Tak Ada Pungli di Mudik Gratis BUMN 2019
Ria Anatasia
Direktur Utama Jasa Raharja, Budi Rahardjo usai meninjau Verifikasi Data Peserta Mudik Bareng BUMN di Gedung Nyi Ageng Serang, Jakarta, Jumat (10/5/2019). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Jasa Raharja (Persero) selaku Ketua Satgas Mudik Bareng BUMN 2019 memastikan, tak ada pungutan liar (pungli) selama program Mudik Bareng BUMN 2019.

Direktur Utama Jasa Raharja Budi Rahardjo menegaskan akan memberikan sanksi tegas bagi perusahaan otobus atau panitia yang melakukan pungli kepada peserta.

"Untuk diketahui bahwa khusus BUMN, kami sebagai ketua satgas ini adalah tahun keempat menyelenggarakan mudik bersama. Kita selalu mengetatkan, kalau ada perusahaan otobus krunya meminta atau mengambil pungli itu akan kita blacklist," kata Budi usai meninjau Verifikasi Data Peserta Mudik Bareng BUMN di Gedung Nyi Ageng Serang, Jakarta, Jumat (10/5/2019).

"Itu sudah kita sanksikan dan itu dipersyaratkan untuk semua bus pariwisata," tegasnya.

Selain itu, lanjutnya, seluruh bus harus lolos uji kelaikan (rampcheck) sesuai dengan persyaratan dari Kementerian Perhubungan.

Syarat lainnya yakni bus dilengkapi dengan alat-alat keselamatan, pengemudi diketahui jelas identitasnya (nama dan nomor handphone), pengemudi telah dipastikan laik mengemudi dengan melalui tes kesehatan dan tes narkoba, dan tersedia pengemudi cadangan untuk rute perjalanan jarak jauh.

Baca: 5 Fakta tentang Sepak Terjang 2 Terduga Teroris yang Ditangkap Densus 88

Baca: KPK Periksa Gubernur Jawa Tengah Soal KTP Elektronik

Kemudian tersedia bus cadangan, serta bus dapat termonitor selama perjalanan sampai ke tujuan.

"Minimal paling tua adalah lima tahun terakhir bisnya. Jadi semua kita berikan yang terbaik kepada masyarakat yang akan melakukan mudik bersama BUMN," jelas Budi.

Mudik gratis bareng BUMN tahun ini diikuti oleh 104 BUMN atau meningkat dibanding 2018 sebanyak 62 BUMN. Mudik Gratis Bareng BUMN tahun ini menyediakan 3.897 unit bus untuk mengangkut sebanyak 180.609 pemudik.

"Kita harapkan dengan fasilitas yang cukup baik, mereka akan selamat dan berbahagia sampai tempat tujuan dan bersilaturahmi dengan keluarga di tempat tujuan," tuturnya.

Halaman
12
Penulis: Ria anatasia
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved