Sekoper Dolar Palsu di Rumah Edwin

Jumat, 16 April 2010 10:40 WIB

Temuan itu diperoleh jajaran Sat Reskrim Poltabes Pontianak saat menggeledah ulang rumah milik Edwin, Minggu (11/4/2010). Awalnya, di rumah yang juga dijadikan tempat memproduksi shabu dalam bentuk pil itu, ditemukan satu peti besi aluminium.

Setelah peti dibuka, ditemukanlah uang dolar palsu yang disimpan di dalam travel bag, kantung plastik hitam, dan amplop cokelat.

Polisi belum mengetahui pasti berapa jumlah uang dolar palsu tersebut. Selain uang dolar, polisi ikut mengamankan potongan kertas hitam yang memuat bayangan gambar uang. Kuat dugaan, kertas hitam tersebut merupakan kertas film cetak untuk menggandakan dolar.

"Ini kita temukan di rumah Edwin di Adisucipto. Uangnya palsu, jenis dolar Amerika," ujar Kasat Reskrim Poltabes Pontianak, Kompol Sunario, kepada wartawan di Poltabes Pontianak, Minggu malam.

Polisi sudah melakukan pemeriksaan teliti terhadap uang tersebut. Hasilnya, uang dolar yang diduga mencapai ribuan dolar tersebut palsu.

Tribun mendapat kesempatan untuk melihat dan meraba uang tersebut. Secara tampilan fisik, bentuk uang sama seperti aslinya. Terdapat gambar Benjamin Franklin.

Namun, saat diraba, kertas yang digunakan lebih tipis dibanding kertas yang digunakan pada uang dolar asli. Uang dolar tersebut rata-rata berseri nomor seri CK 38627381 AK11.

Halaman
1234
Editor: Anthonius Iwan Adhi Praja
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2015 About Us Help