• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Sabtu, 25 Oktober 2014
Tribunnews.com

Jarak Bone-Makassar akan Dipangkas 40 Km

Senin, 14 Juni 2010 06:28 WIB
Laporan Wartawan Tribun-timur.com, Ans
TRIBUNNEWS.COM, WATAMPONE
- Jarak antara Bone-Makassar sekitar 190 kilometer, akan dipangkas 40 kilometer, sehingga jaraknya menjadi sekitar 150 kilometer. Artinya, jika selama ini jarak tempuh Bone-Makassar dengan mobil dan motor mencapai empat jam, dengan pemangkasan rute itu, maka jarak tempuh waktu normal paling lama hanya tiga jam.

Hal itu diungkapkan oleh putra daerah Bone, A Taufan Tiro, yang anggota Komisi V DPR RI bidang infrastruktur dan perhubungan, beberapa waktu lalu. Legislator dari PAN ini akan mendorong rencana pemangkasan jarak Makassar-Bone dan mengusulkannya pada pembahasan anggaran 2011 nanti.

Menurutnya, pemangkasan jarak akan menggeliatkan perkembangan ekonomi Bone sebagai salah satu daerah penghubung antara  Sulsel dan Sultra. Pemangkasan jalan itu merupakan alternatif pembenahan jalan poros. Pasalnya, tak bisa lagi pelebaran jalan karena medan tebing yang terjal.

"Daerah di Kappang dan Camba serta Sumpalabbu itu kan menanjak dan berkelok-kelok. Dalam rencana pembuatan jalan baru itu, mungkin akan dicari jalan dengan medan yang lurus. Sehingga selain menghemat jarak tempuh, juga menghemat waktu tempuh. Karena kendaraan jika medan lurus, bisa melaju dengan kencang. Kalau sekarang kan jika ada mobil besar di depan, sulit untuk kendaraan lain melambung bila jalan berkelok," katanya.

Informasi yang dihimpun, pemangkasan jalan Makassar-Bone merupakan program pemerintah pusat. Sebelumnya, sudah ada perusahan konstruksi di Makassar yang mengajukan proposal dengan memangkas jalan di daerah Kappang, Camba, Maros. (*)
Editor: Harismanto
Sumber: Tribun Timur
0 KOMENTAR
25301 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas