• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Selasa, 2 September 2014
Tribunnews.com

Siswa Jalur Prestasi Pakai Sertifikat tak Jelas

Sabtu, 3 Juli 2010 12:56 WIB
Laporan Wartawan Tribunjabar.co.id, Siti Fatimah
TRIBUNNEWS.COM, BANDUNG
- Dewan Pendidikan Kota Bandung (DPKB) telah selesai melakukan pemantauan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Dari hasil pemantauan, DPKB menemukan sejumlah laporan khususnya dari jalur prestasi untuk direkomendasikan ke Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bandung.

Humas DPKB, Iwan Hermawan mengatakan, setelah mengecek ke sekolah-sekolah dari hasil pengaduan serta laporan masyarakat ke Koalisi Pendidikan Kota Bandung, ditemukan adanya siswa yang masuk ke sekolah melalui jalur prestasi dengan mengandalkan sertifikat yang belum jelas keasliannya.

"Ternyata sertifikat yang dijadikan dasar untuk masuk ke sekolah itu kebanyakan sertifikat lomba seni serta olahraga seperti catur. Ini harus ditelusuri karena ngga bisa hanya sekedar menang lomba di suatu kejuaran lalu bisa dijadikan dasar untuk masuk ke sekolah tertentu. Harus dicek lombanya seperti apa," kata Iwan, Sabtu (3/7/2010).

Selain temuan tersebut, DPKB juga mendapati memang cukup banyak siswa dari jalur tidak mampu yang akan masuk atau mendaftar di suatu sekolah merupakan rekomendasi dari sejumlah elemen masyarakat mulai dari LSM hingga Parpol. Hasil temuan ini, kata Iwan, DPKB akan membuat laporannya untuk direkomendasikan ke Dinas Pendidikan Kota Bandung.

"Kami bukan eksekutor, jadi kalau pun memang ada indikasi penyimpangan, kami hanya sebatas memberikan laporan. Meski saya pribadi tentu berharap kalau terbukti melanggar harus ada sanksi tegas bagi oknum guru atau kepala sekolah yang melanggar ini," katanya. (*)
Editor: Harismanto
Sumber: Tribun Jabar
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
30415 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas