Pesawat Trike Jatuh

Diduga Hilang karena Cuaca Buruk

Hilangnya pesawat Trike PK-S 125, Minggu (4/7/2010) kemarin, di wilayah Pangalengan, ada kemungkinan diakibatkan cuaca buruk.

TRIBUNNEWS.COM, BANDUNG - Hilangnya pesawat Trike PK-S 125, Minggu (4/7/2010) kemarin, di wilayah Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, ada kemungkinan diakibatkan cuaca buruk.

Menurut Kepala Kepolisian Resor Bandung Komisaris Besar Hendro Pandowo, sepanjang hari Minggu kemarin cuaca di wilayah Bandung memang buruk disertai hujan deras. Hal itu juga dibenarkan Komandan Lanud Sulaiman Kolonel (Pnb) Gutomo. "Jika cuaca buruk, pesawat Trike yang berbadan kecil bisa jadi akan mendarat darurat," jelasnya.

Untuk mencari pesawat Trike yang diawaki dua anggota Federasi Aero Sport Indonesia (FASI), Noto Ciptono dan Panji Gunawan, polisi mengerahkan 150 personelnya. Mereka disebar ke empat titik, yakni Cileleuy, Gunung Wayang, Gunung Santosa, dan Cisanti.

Sementara itu, pencarian yang dilakukan mandiri oleh anggota Bandung Aero Club (BAC) sejak Senin pagi juga belum menemukan titik terang. Anggota BAC Jez Ohare, yang mencari lokasi pesawat yang hilang dengan pesawat jenis Technam P 92 Echo Super PKS-010, mengaku telah menyisir sejumlah titik yang diduga menjadi lokasi pesawat yang hilang tersebut.

"Saya sudah terbang rendah di ketinggian 7.000-9.000 meter di atas permukaan laut. Tapi, tidak ada sesuatu pun yang mencurigakan. Kemungkinan kami akan terbang lagi untuk menyisir daerah Gunung Malabar," kata Jez.

Pesawat Trike PK-S 125 yang dikemudikan Noto Cipto Nartomo dan Panji Gunawan berangkat dari Bandara Nusawiru di Pantai Pangandaran pukul 12.30 menuju Lanud Sulaiman. Penerbangan tersebut adalah penerbangan rutin anggota FASI.

Sebenarnya, ada dua pesawat Trike yang berangkat bersamaan dari Bandara Nusawiru. Satu pesawat lain berhasil mendarat dengan selamat di Lanud Sulaiman, sedangkan satu pesawat lagi yang dikemudikan Noto hilang kontak di sekitar perbukitan di wilayah Pangalengan. (*)

Editor: Harismanto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA REKOMENDASI

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved