• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 24 Oktober 2014
Tribunnews.com

Perusahaan Kayu Dominasi Kecelakaan Kerja Karyawannya

Senin, 19 Juli 2010 07:14 WIB
TRIBUNNEWS.COM, MARABAHAN - Kasus kecelakaan kerja di wilayah Kabupaten Barito Kuala (Batola) tahun 2010 ini meningkat dari tahun-tahun sebelumnya. Sampai bulan Juni terdapat 48 kasus kecelakaan kerja yang kebanyakan tenaga kerja dari perusahaan kayu.
   
Tahun 2008 kecelakaan kerja tercatat52 orang dan tahun 2009 sebanyak 31 orang dan tahun 2010 sampai bulan Juni sudah mencapai 48 orang termasuk enam orang terkena penyakit akibat kerja. “Terbanyak dari perusahaan kayu,” kata Mulyanto, kepala Seksi Pengawasan pada Dinas Ketenagakerjaan Batola.
   
Ada beberapa penyebab terjadi kecelakaan kerja mulai dari kelelahan bekerja, lalai dan tenaga kerja baru yang tak berpengalaman dalam mengoperasikan alat. “Peralatan yang sudah tua di perusahaan kayu, juga menjadi penyebabnya,” katanya Mulyanto.
   
Pihak Disnaker Batola terus mengingatkan pihak perusahaan atas usia mesin yang dipergunakan yang rata-rata buatan tahun 79 dan 80. Makanya, kata Mulyanto, pengusaha boleh menggunakan mesin yang sudah tua dengan persyaratan.
   
Tidak itu saja, pihak perusahaan kurang melengkapi peralatan pelindung diri. Memang, kata Mulyanto, peralatan pelindung diri sudah tersedia di perusahaan, hanya saja tidak mencukupi. Dan, ada juga tenaga kerja yang tak mau memakai alat pelindung diri.
   
“Kecalakaan kerja terbanyak di perusahaan kayu dan doking perkapalan sampai 80 persen,” kata Mulyanto.
   
Data kecelakaan kerja tahun 2009 yang meninggal dunia sebanyak dua orang, luka berat 13 orang, luka ringan 15 orang dan penyakit akibat kerja satu orang. Tahun 2010 ini sampai Juni hanya satu orang yang meninggal dunia,luka bakar tujuh orang.
   
Semua kasus kecalakaan kerja dari tahun 2008, 2009 dan 2010 sudah dapat diselesaikan Disnaker Batola. Hanya saja, kata Mulyanto, satu kasus penyakit akibat kerja tahun 2009 sampai banding sampai ke tingkat Menaker.
   
Jumlah perusahaan yang masih beroperasi Kabupaten Batola sebanyak 120 buah dengan tiga katagori kecil, menengah dan perusahaan besar. Jumlah tenaga kerja yang mampu diserap sebanyak 6.729 orang terbanyak di perusahaan kayu dan kelapa sawit.

DON
Editor: Toni Bramantoro
0 KOMENTAR
34183 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas