• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Rabu, 20 Agustus 2014
Tribunnews.com

Wakil Gubernur Sumbar: Sudah Diagendakan Jauh Hari

Rabu, 3 November 2010 17:28 WIB
Wakil Gubernur Sumbar: Sudah Diagendakan Jauh Hari
Setwapres/Krishadiyanto
BERDOA- Wapres Boediono dan rombongan berdoa untuk empat jenazah warga Dusun Muntei Baru, Pagai Selatan yang menjadi korban tsunami Mentawai, yang baru ditemukan relawan, Rabu (27/10/2010)
Laporan Wartawan Tribunnews.com, Harismanto

TRIBUNNEWS.COM, PADANG -
Wakil Gubernur Sumatera Barat Muslim Kasim mengatakan, kepergian Irwan Prayitno ke Jerman sudah diagendakan jauh hari, sebelum bencana datang.

"Kepergiannya juga sangat besar manfaatnya, yakni dalam rangka menjalin hubungan dan menarik investor asing ke Sumbar. Perjalanan itu paling lama satu minggu," ujarnya, seusai mendampingi Menteri Perikanan dan Kelautan Fadel Muhammad, di Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Rabu (3/11/2010).

Selain itu, katanya, roda pemerintahan di Provinsi Sumbar tak terganggu karena masih ada wakil gubernur. "kalau Pak Irwan tak ada, saya yang akan menjadi gubernur dan menjalankan fungsi selaku kepala daerah," katanya.

Sebelumnya, meski sebanyak 15.097 orang warga Kabupaten Kepulauan Mentawai masih mengungsi dan membutuhkan bantuan makanan, 173 orang luka berat dan 325 orang luka ringan masih menjalani perawatan, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno malah meninggalkan daerahnya. Irwan malah berangkat ke Jerman, Rabu (3/11/2010).

Padahal hingga saat ini, sebagian besar daerah yang terkena gempa dan tsunami itu masih sulit ditempuh akibat cuaca buruk. Sejak beberapa hari terakhir, hujan badai terus melanda Mentawai. Akibatnya, bantuan makanan dan obat-obatan untuk warga Mentawai, masih sulit didistribusikan.

"Awalnya, warga di sini senang dengan kehadiran gubernur bersama kami di awal-awal masa tanggap darurat. Namun sekarang Gubernur malah terbang ke Jerman. Ini sangat menghujam jantung hati kami," ujar Darmun, seorang warga Pagai Utara.

Kepala Biro Humas Pemprov Sumbar, Surya Budhi, menyebut kunjungan itu dalam rangka memenuhi undangan pertemuan Indonesia Business Day yang diadakan di Munchen. Acara itu adalah ajang promosi terpadu investasi, pariwisata, perdagangan untuk wilayah provinsi, sehingga investornya mau berinvestasi di Indonesia, termasuk Sumbar.

"Gubernur diminta sebagai pembicara. Gubernur juga akan melakukan pertemuan dengan Gubernur Bavaria yang akan bermanfaat untuk biang  energi dan penghijauan, terkait perdagangan karbon," kata Surya.(*)
Penulis: Harismanto
Editor: Juang Naibaho
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
60865 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas