Sabtu, 29 November 2014
Tribunnews.com

Sebaiknya Bupati Lampung Timur Nonaktif

Rabu, 22 Desember 2010 10:10 WIB

Sebaiknya Bupati Lampung Timur Nonaktif
Infokorupsi
Bupati Lampung Timur Satono
TRIBUNNEWS.COM - Sejumlah anggota DPRD Lampung Timur menyerahkan soal status jabatan Bupati kepada presiden. Meski begitu, mereka beranggapan akan lebih baik jika Satono non aktif dari jabatannya, agar yang bersangkutan bisa konsentrasi menjalani proses persidangan.

Pernyataan itu disampaikan anggota DPRD Made Tangkas dan Adi Syafii  saat dimintai tanggapannya terkait persidangan Satono sebagai terdakwa dalam kasus korupsi APBD Lamtim. Senin (20/12/2010), Satono yang kini memimpin Lamtim untuk periode kedua itu,  menjalani sidang perdananya di Pengadilan Negeri (PN) Kelas I Tanjungkarang, Bandar Lampung.

Menurut Made Tangkas, jika mengacu kepada UU 32/ 2004, kepala daerah yang ditetapkan sebagai terdakwa semestinya non aktif dari jabatannya.

"Seharusnya memang non aktif jika berkas (perkara) sudah dilimpahkan ke pengadilan. Sudah jelas dalam undang-undang. Tapi memang itu wewenang presiden, melalui Mendagri dan gubernur," katanya kepada Tribun, Selasa (21/12/2010).

Menurut politisi PDI Perjuangan ini, status non aktif hanya bersifat sementara. Tujuannya, agar Satono bisa berkonsentrasi dengan masalah hukum yang sedang dijalaninya. Jika nantinya putusan pengadilan menyatakan tidak terbukti bersalah, atau sebaliknya, tentu akan ada status baru lagi.

"Kalau tidak bersalah kan nanti dikembalikan lagi statusnya (sebagai bupati). Itu kan juga tertuang dalam undang-undang, dan juga wewenangnya presiden," sambung Made.

Hal senada disampaikan Adi Syafii. Menurut dia, sebaiknya gubernur dan Mendagri segera merespons soal status Bupati Lamtim ini. Jika ada kejelasan, Satono bisa fokus dengan masalah hukumnya. "Ini kan masalah besar, menyangkut kepala daerah. Kalau nanti hasil sidang dinyatakan tidak bersalah, kan dikembalikan lagi. Ini seperti (bupati) yang di Boyolali," tutur anggota fraksi PKS ini.
Editor: Anita K Wardhani
Sumber: Tribun Lampung

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas