• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Selasa, 21 Oktober 2014
Tribunnews.com

Pangkalan Udara TNI AU Dipakai Terbangkan Pesawat Mainan

Jumat, 21 Januari 2011 05:33 WIB
Laporan Wartawan Tribun Jogja, Joko W

TRIBUNNEWS.COM, WONOSARI -
Pangkalan udara TNI AU Gading, Wonosari, Gunung Kidul, hingga kini belum digunakan untuk mendaratkan dan menerbangkan pesawat terbang TNI AU Yogyakarta. Keberadan pangkalan udara itu kini menjadi tempat aktifitas para penghobi aeromodelling.

"Setiap Sabtu dan Minggu, Pangkalan Gading dipakai komunitas aeromodelling untuk menerbangkan pesawat mainan. Jumlahnya sampai puluhan orang," ujar Pengawas Pangkalan Udara TNI AU Gading, Pelda Suparno, ketika ditemui di kediamannya di kompleks Pangkalan Udara Gading, Kamis (20/1/20/11).

Menurut pria yang telah bekerja di Gading selama 10 tahun itu, pihaknya memperbolehkan pecinta aeromodelling menggunakan pangkalan udara seluas 40 hektar itu karena tidak menganggu dan tidak merusak pangkalan.

"Tapi harus minta izin dulu, baru diperbolehkan menggunakan pangkalan udara Gading," terangnya.

Suparno menuturkan, pangkalan udara yang mulai dibangun pada 2004 itu, rencananya akan dijadikan lapangan cadangan bagi TNI AU selain Adisucipto.

"Tujuan utama pembangunan pangkalan Gading untuk mengurangi kepadatan airport Adisucipto. Saat ini, lalu-lintas di bandara sudah padat dengan penerbangan komersiil. Makanya harus ada tempat lain untuk latihan terbang calon penerbang," paparnya.

Ketika ditanya lebih lanjut, Suparno mengaku bukan pihak yang mengetahui detail rencana pembangunan pangkalan udara yang mempunyai landasan pacu sepanjang 2.000 meter itu.

"Kalau rencananya tahun depan pangkalan Gading sudah bisa dipakai. Tapi untuk lebih jelas silakan tanya pihak Dinas Perhubungan Udara DIY," pintanya.

Saat ini, Pangkalan Udara Gading, selain telah memiliki runway, juga mempunyai sejumlah gedung perkantoran, terminal dan jalan inspeksi. Proyek terakhir yang dilakukan adalah meratakan runway dan bahu landasan.(*)
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Jogja
0 KOMENTAR
80204 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas