Pesawat Asing Masuk RI

TNI: Pesawat Pakistan Masuk Wilayah RI Tidak Izin

Pendaratan paksa pesawat Pakistan Internastional Airlines (PIA) yang melintasi wilayah udara Indonesia secara ilegal.

TNI: Pesawat Pakistan Masuk Wilayah RI Tidak Izin
Tribun Timur/Muh Abdiwan
Pesawat milik Pakistan International Dipaksa Mendarat di Makassar, Senin (7/3/2011)
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Juru bicara TNI Angkatan Udara (AU) Marsekal Pertama TNI Bambang Samoedro membenarkan pendaratan paksa pesawat asing. Pesawat tersebut adalah milik Pakistan Internastional Airlines (PIA) yang melintasi wilayah udara Indonesia secara ilegal.

Bambang Samoedro menjelaskan, pesawat Pakistan tersebut tertangkap layar radar Komando Sektor Pertahahan Udara Nasional II sekitar pukul 12.00 WIB.

"Pesawat lalu dipaksa untuk mendarat dengan pengawalan dua pesawat Sukhoi di Pangkalan Udara Sultan Hassanuddin, Makassar untuk diperiksa lebih lanjut," jelas Bambang Samoedro, Senin (7/3/2011).

Dari hasil pemeriksaan awal diketahui, pesawat tersebut milik Pakistan International Airlines yang tengah memiliki rute Dili-Kuala Lumpur.

"Tentang jumlah penumpang, masih dalam konfirmasi lebih lanjut termasuk tujuan utama pesawat itu melintasi wilayah Indonesia," ujarnya.

Sebelumnya, TNI juga pernah menahan pesawat Malaysia bernomor penerbangan Bae 146-200 karena telah memasuki wilayah Indonesia tanpa ijin. Pesawat tersebut juga membawa penumpang dari Timor Leste yang kemudian dipaksa mendarat di Bandara Internasional Djuanda Surabaya.

Bambang menambahkan, pengeluaran izin terhadap pesawat asing dilakukan oleh BAIS TNI dan kini tengah dilakukan koordinasi dengan Kementerian Luar Negeri untuk segera dikeluarkan izin bagi pesawat asing tersebut.

Editor: Yulis Sulistyawan
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di

BERITA REKOMENDASI

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved