• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Rabu, 30 Juli 2014
Tribunnews.com

Wabah Ulat Bulu Kini Serbu Gresik

Selasa, 26 April 2011 18:03 WIB
TRIBUNNEWS.COM, GRESIK – Wabah ulat bulu kini sudah mulai merambah Kabupaten Gresik Jawa Timur. Setidaknya ada empat desa di dua kecamatan, yang warganya mengaku sudah mulai ada wabah ulat bulu.

Desa yang mulai diserang ulat bulu, adalah Desa Laban dan Desa Setro keduanya di Kecamatan Menganti, Desa Ngebret Kecamatan Cerme dan sebuah desa di Kecamatan Sidayu.

Kepala Dinas Pertanian Agus Joko Waluyo melalui Kabag Humas Andhy Hendro Wijaya mengatakan, wabah ulat bulu petamakali dilaporkan warga Desa Laban Kecamatan Menganti,  Minggu (10/4/2011).

Sehari kemudian, Ketua Kelompok Tani Desa Setro Kecamatan Menganti juga melaporkan adanya serangan yang sama didesanya. ”Namun setelah dilaksanakan pengamatan, sebarannya tidak terlalu mengkhawatirkan. Serangan itu bukan merupakan suatu ancaman,” urai Agusm Selasa (26/4/2011).

Diakui Agus, pada Senin (25/4/2011) warga Desa Ngebret Kecamatan Cerme kembali melaporkan adanya ulat bulu di pohon keres. Pihaknya lalu mengirim tim  Petugas Pengamat Organisme Pengganggu Tanaman (POPT) Dinas Pertanian dan PT Petrokimia Kayaku salah yaitu satu Formulator Pestisida di Gresik, untuk mengatasi masalah tersebut.

“Setelah pohon keres kami potong dan dimusnakah, tidak ada pohon lain yang terindikasi. Dengan keadaan tersebut kami hanya memberikan bantuan pestisida, untuk mengantisipasi apabila ada serangan berikutnya,” tambah Agus.

Untuk memberi rasa nyaman kepada masyarakat terkait wabah ulat bulu, kata Agus, pihaknya membuka hotline khusus koordinator Petugas Pengamat Organisme Pengganggu Tanaman (POPT) Gresik di nomer 081330126810.
Editor: Prawira Maulana
Sumber: Surya
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
110518 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas