• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Minggu, 26 Oktober 2014
Tribunnews.com

Asyik, Ada Upacara Adat Penganten Tebu di Cirebon

Senin, 23 Mei 2011 22:33 WIB

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Dedy Herdiana

TRIBUNNEWS.COM, BANDUNG - Kembali DPD APTRI (Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia) Provinsi Jawa Barat, bersama DPC APTRI Sindanglaut, PT PG (Pabrik Gula) Rajawali II Cirebon dan Pemerintah Desa Sindanglaut, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat menggelar Upacara adat Penganten Tebu di Desa Sindanglaut, Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon.

Upacara sebagai ungkapan rasa syukur para petani tebu kepada Tuhan Yang Maha Esa, Allah SWT, atas berhasilnya panen tebu yang akan dinikmati itu berdasarkan rilis yang diterima Tribun, Senin (23/5/2911) sore dilaksanakan sejak Senin (23/5/2011) dan puncak acara digelar Selasa (24/5/2011) sejak pagi hingga sore.

Pada Senin (23/5/2011) rangkaian kegiatan upacara dimulai pukul 13.00 Wib dengan pengambilan Penganten Tebu dan Tebu Indung sebanyak  22 batang tebu dari lokasi yang mewakili dari 11 wilayah perkebunan tebu di daerah Sindanglaut dan sekitarnya.

Pengambilan dan arak-arakan itu dilakukan para mandor yang kemudian 22 batang tebu indung itu dirias seperti akan pesta penganten, dua batang tebu di antaranya akan dipilih dan langsung dirias dan diberi topeng dan rasukan (baju) laki-laki dan perempuan seperti layaknya sepasang pengantin.

Setelah dirias Sepasang Penganten Tebu dan 20 tebu indung lainnya diarak keliling perkampungan dan perkebunan tebu, dengan rute: Sindanglaut – Leuwidinding – Tuk – Lemahabang – Penampungan Tebu (milik Pabrik Gula, Desa Cipeujeh).

Pada Selasa (24/5/2011) mulai pagi hari sepasang Penganten Tebu yang sudah dirias itu dari Pabrik Gula didampingi 20 Tebu Indung diarak kembali oleh petani tebu menuju alun-alun Kecamatan Lemahabang. Serta diiringi berbagai jenis kesenian rakyat Kabupaten Cirebon, dan 10 kabupaten/kota (difasilitasi Disparbud Jabar).

Editor: Alfred Dama
Sumber: Tribun Jabar
0 KOMENTAR
119957 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas