• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 21 Agustus 2014
Tribunnews.com

Kuota Sertifikasi Guru di Kalbar Masih Banyak Kosong

Senin, 13 Juni 2011 20:32 WIB

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Ponti Ana Banjaria

TRIBUNNEWS.COM, PONTIANAK - Tahun ini terjadi peningkatan kuota sertifikasi guru dari Kementerian Pendidikan Nasional untuk Kalimantan Barat.

Sebelumnya sekitar 3.000 jatah sertifikasi, saat ini naik 100 persen menjadi 6.604 orang dari 300.000 peserta se-Indonesia. Sedangkan kuota sertifikasi guru untuk jalur Kementerian Agama yakni 311 orang.

Namun Wakil Ketua Rayon 120 Sertifikasi Guru Kalbar dan Anggota Konsorsium Sertifikasi Guru, DR Aswandi, mengatakan, kuota tersebut masih banyak kosong.

"Untuk sertifikasi ini kan ada 2 jalur yakni lewat pelatihan dan portofolio. Nah, dari 6.604 itu, jatah dari Kemendiknas 1 persen yakni 64 orang. Tapi sampai sekarang baru setengahnya, hanya 34 yang daftar," jelasnya pada wartawan, Senin (13/6/2011).

Sedangkan untuk yang mengikuti pelatihan itu lebih banyak. Tapi tambahnya banyak juga masalahnya setelah di verifikasi.

"Setelah data masuk, kita verifikasi ulang data itu. Setelah kita verifikasi, tahu-tahu banyak yang tidak lengkap. Misalnya ijazah yang dilegalisasi bukan dari lembaga yang mengeluarkan ijazah tapi banyak yang minta legalisasi dari diknas. Itu tidak bisa, makanya kita tolak data tersebut," ucapnya.

Selain legalisasi ijazah, kendala lain juga ada pada kelengkapan SK yang seharusnya dari SK awal kerja sampai akhir.

Masalah yang selalu timbul, terangnya adalah nomor unik profesi tenaga kependidikan (NUPTK) online.

"Karena datanya tidak di update sehingga diknas kab/kota juga harus proaktif mengupdate. Ini juga terjadi tidak hanya di Kalbar tapi di seluruh wilayah Indonesia, ini masalah nasional. Jadi kadang banyak yang mundur," ucapnya.

Pada 20 Juni mendatang akan dimulai pelatihan buat guru SD yang data-datanya dinyatakan sudah lengkap dan sesuai akan dipanggil oleh lembaga pendidikan dan latihan profesi guru. Sementara itu untuk penerimaan pendaftaran sertifikasi guru dilakukan dalam 9 gelombang sampai Oktober mendatang.

Editor: Anwar Sadat Guna
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
127291 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas