• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Sabtu, 1 November 2014
Tribunnews.com

Catut Nama Dosen, Universitas Swasta Dilaporkan

Sabtu, 25 Juni 2011 16:47 WIB

TRIBUNNEWS.COM, MEDAN - Diduga ingin memperoleh akreditasi, sebuah universitas swasta menggunakan nama Dosen di Universitas Negri Medan (UNIMED) sebagai Dosen tetap di universitas tersebut. Hal yang sudah berlangsung selama tiga tahun itu tentu membuat siempunya nama keberatan. Akibatnya pihak universitas dipolisikan ke polresta Medan.

Akibat ulah pihak universitas Prima Indonesia (UNPRI) di Jalan Belanga, simpang Ayahanda, Medan Baru itu Kornelius Harefa M Si kesulitan dalam memperoleh Nomor Induk Dosen Nasional (NIDN) dari UNIMED. Namanya di pergunakan tanpa sepengetahuannya selama tiga tahun membuat Kornelius mengalami kerugian materil hingga ratusa juta rupiah.

Terbongkarnya penyalahgunaan nama tersebut pada tanggal 10 Januari 2011 silam, Kementrian Pendidikan Nasional mengeluarkan surat NO:0061/H33.1/DT/201 terkait Dosen pindah home base antara perguruan tinggi, atas hal tersebut Kornelius sulit memperoleh NIDN dari UNIMED dan harus meminta kejelasan UNPRI tentang perihal tersebut.

Atas dasar tersebut dan merasa dirugikan, Kornelius menyambangi UNPRI guna meminta surat keterangan lolos butuh yang diajukan UNIMED serta mempertanyakan pertanggung jawaban UNPRI tentang penggunaan namanya semala 3 tahun dari tahun 2006 silam. Pihak UNPRI yang merasa bersalah langsung mengelurkan surat keterangan No:314/UNPRI/XI/2011 yang diketahui oleh Prof Dr\R Djakobus Tarigan selaku rektor.

Tidak puas dengan hal tersebut, Kornilius mempertanyakan pertanggung jawaban pihak UNPRI selama 3 tahun yang mempergunakan namanya sebagai Dosen tetap di universitas tersebut, namun sayang itikat baik Kornilius yang ingin menyelesaikan permasalahan tersebut secara kekeluargaan diabaikan oleh pihak UNPRI.

Kornilius yang berang dengan ulah pihak UNPRI mengadukan hal tersebut ke Mapolresta Medan bukan hanya meminta bantuan hukum, Kornilius juga melaporkan kejadian tersebut kepada DPRD komisi E yang menangani masalah pendidikan di Indonesia khususnya di Medan.

Kornilius berharap pihak UNPRI dapat menyelesaikan permasalahan tersebut tanpa menempuh jalur hukum dan apabila harapan tersebut diabaikan pihak UNPRI, dirinya akan menempuh jalur hukum tersebut guna mendapat keadilan. "saya mau mempertanyakan permasalahan nama saya yang digunakan selama tiga tahun ini tanpa sepengatahuan saya yang sudah membuat saya mengalami kerugian moril maupun materil," ujar Kornilius.

Editor: Anita K Wardhani
Sumber: Tribun Medan
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas