• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 25 April 2014
Tribunnews.com

Gunung Soputan Meletus Dini Hari Tadi

Minggu, 3 Juli 2011 10:59 WIB
Gunung Soputan Meletus Dini Hari Tadi
Tribun Manado
Gunung Soputan meletus

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Andri Malau

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Salah satu gunung berapi di Pulau Sulawesi meletus Minggu (3/7/2011), memuntahkan abu dan asap 5.000 meter. AFP melaporkan, Gunung Soputan di Provinsi Sulawesi Utara meletus sekitar pukul 06.03 waktu setempat.

"Namun orang yang tinggal di daerah yang jarang penduduknya belum dievakuasi," ungkap Kusnadi, seorang ilmuwan di pos pemantauan gunung berapi kepada AFP.

"Gunung berapi ini meletus pagi ini. Selain memuntahkan abu dan partikel debu, juga memuntahkan gas panas tapi itu terbatas pada sekitar kawah," katanya.

Dilaporkannya, evakuasi pun segera direkomendasikan pada radius enam kilometer di sekitar gunung berapi. "Tapi hanya ada hutan di kisaran itu," tambahnya.

"Pada saat ini, masih merupakan jarak yang aman dari orang-orang tapi kita akan terus memantau aktivitasnya," ia mengutarakan.

Desa terdekat adalah delapan kilometer di sisi barat gunung berapi, yang berada 1.783 meter (5.800 kaki) lebih, dari Sulawesi Utara.

Soputan, salah satu gunung berapi paling aktif di Sulawesi, terakhir meletus pada tahun 2008 dengan tidak ada korban tewas.

Indonesia duduk di "Cincin Api" Pasifik, di mana lempeng-lempeng benua bertumbukan, menyebabkan aktivitas seismik dan gunung berapi sering terjadi. Indonesia, Negara kepulauan memiliki 129 gunung berapi aktif, termasuk 21 di Jawa.

Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Dewi Agustina
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
133895 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI KOMENTAR SAYA
Atas