Bahaya Gunung Lokon

Aktivitas Vulkanik Gunung Soputan dan Lokon Sudah Menurun

Aktivitas dua gunung api yang sempat mengamuk di Sulawesi Utara, terhitung Rabu (13/7/2011), pukul 12.00 Wita, mengalami penurunan

Aktivitas Vulkanik Gunung Soputan dan Lokon Sudah Menurun
TRIBUN MANADO/RIZKY ADRIANSYAH
Gunung Api Lokon terlihat mengeluarkan asap dari mulut kawah lebih banyak dari waktu sebelumnya dan mengancam warga Kota Tomohon yang berada tepat di bawahnya, Senin (11/7/2011). Meski pemerintah telah menaikkan status Lokon menjadi Awas namun warga sekitar gunung terlihat tidak terlalu khawatir dengan kondisi gunung api tersebut. (Tribun Manado/ Rizky Adriansyah).

Laporan Wartawan Tribun Manado, Yudith Rondonuwu
TRIBUNNEWS.COM, MANADO - Aktivitas dua gunung api yang sempat mengamuk di Sulawesi Utara, terhitung Rabu (13/7/2011), pukul 12.00 Wita, mengalami penurunan, baik di Gunung Lokon maupun Gunung Soputan.

Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVBMG) Surono kepada Tribun Manado menuturkan sudah ada penurunan status untuk Gunung Soputan. "Soputan masih siaga. Lokon masih Awas. Pagi tadi kedua gunung itu tenang, tidak ada letusan," katanya.

Aktivitas yang menurun diharapkannya bisa segera membuat rekomendasi evakuasi dicabut. Pihaknya belum bisa memastikan hal tersebut namun dikatakannya jika sudah memungkinkan warga di pengungsian bisa kembali ke rumah.

"Sekarang sudah aman, tetapi daerah rawan aliran lava dan awan panas diharapkan menghindar dulu sebab lebih baik mencegah daripada mengobati," tegasnya. (*)

Editor: Harismanto
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di

BERITA REKOMENDASI

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved