Gunung Lokon Meletus

Kapolres Perintahkan Tutup Akses ke Pos Pemantauan Lokon

POLRES Tomohon memperketat penjagaan di lokasi pos pemantauan Gunung Lokon menyusul letusan terbaru

Kapolres Perintahkan Tutup Akses ke Pos Pemantauan Lokon
Tribun Manado/Kevrent Sumurung
Kondisi terakhir Gunung Lokon usai meletus dahsyat Minggu (17/7/2011) siang.

Laporan Wartawan Tribunmanado.co.id, Warsteff Abisada

TRIBUNNEWS.COM, TOMOHON - POLRES Tomohon memperketat penjagaan di lokasi pos pemantauan Gunung Lokon menyusul letusan terbaru, Minggu (17/7/2011) pukul 10.35 WITA.
Warga yang biasanya bisa masuk mengakses informasi, termasuk para jurnalis kemarin tidak bisa lagi. Empat anggota Polres Tomohon berjaga di depan pintu masuk.

"Saat ini tidak ada warga yang diizinkan masuk ke dalam. Tidak bisa diganggu," perintah Briptu RA Agouw, kemarin. Dia berkeras tidak mengizinkan siapapun masuk, termasuk jurnalis.

"Ini perintah Bu Kapolres. Kalau tidak ada mungkin bisa masuk," jelasnya. Bripda Dwi FP, koleganya menambahkan, keberadaan mereka hanya mengamankan saja.

Di dalam terlihat Surono, Kepala PVMBG bersama stafnya terlihat sibuk mengamati aktivitas lewat data rekaman seismograf. Terpisah, Kapolres Tomohon AKBP Marlien Tawas membenarkan perintah itu.

Menurutnya, penjagaan semata sebagai bentuk perlindungan agar petugas pos pemantau dapat berkonsentrasi dalam bekerja.

"Mereka yang minta pengamanan karena merasa tidak bisa konsentrasi bekerja," sebut Marlien.

Pantauan di lokasi, sejumlah warga terutama dari Kinilow tampak mendatangi pos pemantau itu mencari informasi perkembangan terakhir gunung berstatus awas itu.

"Kami takut, makanya datang kemari untuk mencari informasi agar bisa diketahui lebih jelas dan tidak menyesatkan," kata Maryo Nangka, warga Kinilow. Dia mengaku sejak letusan terakhir, Kamis pekan lalu, perkembangan terakhir aktivitas gunung sangat jarang disosialisasikan pemerintah kepada warga.

Editor: Hasiolan Eko P Gultom
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di

BERITA REKOMENDASI

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved