Selasa, 26 Mei 2015
Tribunnews.com

TNI AU Gelar Latihan Tempur di Balikpapan

Selasa, 26 Juli 2011 23:43 WIB

TNI AU Gelar Latihan Tempur di Balikpapan
Tribun Kaltim/Geafry Necolsen
Pesawat F-16 TNI AU usai terbang dalam latihan tempur udara di Balikpapan

Laporan Wartawan Tribun Kaltim, Geafry Necolsen

TRIBUNNEWS.COM, BALIKPAPAN - TNI Angkatan Udara (AU) kembali menggelar latihan tempur udara di langit Balikpapan, Kalimantan Timur.

Lima pesawat tempur F-16 dengan 11 pilot ini dilibatkan dalam latihan yang diberi nama "Latihan Pertahanan Udara Perkasa B"

"Pilot ada 11 orang, pesawat ada lima. 4 single seat dan 1 double seat. Khusus yang double seat itu pesawat latih atau tandem, karena kita tidak mungkin melepas pilot training sendiri. Istilahnya seperti belajar nyetir. Pilot training di depan dan instrukturnya di seat belakang," jelas Yudhistira, pilot tempur berpangkat letnan satu.

Untuk melatih kesiapan para pilot tempur tersebut, mereka tidak diberitahu skenarionya tempurnya. "Kalau skenario kita enggak tahu, ini kan latihan untuk kita (pilot) skenario yang mengatur komando latihan," ujarnya.

"Biasanya kita akan di scramble karena dari satuan radar menemukan objek tidak dikenal.
jadi kita akan terbang untuk mengintercept (mencegat) target yang dimaksud," Yudhistira menambahkan. Latihan ini juga melibatkan unsur tempur dan komando sektor pertahanan nasional.

Dalam latihan tempur Hri Selasa (26/7/2011) para pilot tempur mendapat tugas untuk mencegat pesawat asing yang melintas di wilayah udara Indonesia.

Halaman12
Editor: Alfred Dama
Sumber: Tribun Kaltim
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2015 About Us Help
Atas