• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Rabu, 27 Agustus 2014
Tribunnews.com

Memasuki Liburan Tiket Masuk Borobudur Dinaikkan

Jumat, 26 Agustus 2011 14:29 WIB
Memasuki Liburan Tiket Masuk Borobudur Dinaikkan

Laporan Wartawan Tribun Jogya/ M Huda

TRIBUNNEWS.COM MAGELANG,– Menghadapi liburan Idul Fitri 1432 Hijriyah, pengelola Taman Wisata Candi Borobudur (TWCB) menaikkan tarif masuk kunjungan wisatawan ke Candi Borobudur yang merupakan peninggalan Wangsa Syailendra abad VIII, di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah ini.

Kepala Unit TWCB, Pujo Suwarno menyatakan, tarif atau tiket masuk yang di hari-hari biasanya hanya Rp 23 ribu untuk dewasa, dan Rp 10.000 untuk anak-anak, sejak H-4 hingga H+6 masa liburan dinaikkan menjadi Rp 30 ribu untuk dewasa dan Rp 12.500 untuk anak-anak.

Selain itu, Candi Borobudur juga akan dibuka untuk wisatawan lebih lama. Dari semula dibuka pukul 06.00-17.00, selama liburan diperpanjang selama 30 menit menjadi pukul 06.00-17.30.

Pihaknya juga telah mempersiapkan penambahan petugas keamanan yang terdiri dari jajaran personel kepolisian sebanyak 140 personel dan 80 personel On Call, juga dibantu pihak petugas keamanan TWCB sebanyak 150 orang.

“Hal itu sengaja dilakukan untuk memberikan rasa aman dan nyaman pada pengunjung yang ingin menikmati keindahan Candi yang ditetapkan oleh UNESCO sebagai World Heritage Site ini,” katanya.

Pujo juga mengatakan, untuk target pengunjung selama liburan Lebaran tahun ini tidak berbeda dengan tahun sebelumnya, yaitu sebanyak 200 ribu pengunjung. Hal itu sengaja ia terapkan karena menurutnya dampak erupsi Merapi 2010 lalu masih terasa bagi dunia pariwisata di Borobudur.

“Buktinya sampai sekarang lantai 8-10 Candi Borobudur masih ditutup bagi pengunjung karena masih dalam proses pembersihan dari debu vulkanik,” ujar Pujo.

Untuk memecah keramaian pengunjung, Pujo telah menerapkan sistem pembukaan dua pintu, antaralain melalui pintu selatan dari lantai 1, 2, 4, 6, dan 7. Kemudian juga bisa melalui pintu timur, dari lantai 1, 3, 5, dan 7.

Kepala Balai Konservasi Peninggalan Borobudur (BKP Borobudur), Drs Marsis Sutopo Msi saat dihubungi Tribu Jogja mengatakan, untuk liburan kali ini memang dari lantai 8-10 ditutup bagi pengunjung, karena proses pemugaran candi dan pembersihan debu vulkanik di sela-sela batuan candi masih berlangsung. “Dihawatirkan apabila banyak pengunjung yang naik nanti dapat menambah kerusakan pada bangunan candi,” ujarnya.

Marsis menambahkan, untuk target penyelesaian pemugaran dan pembersihan tersebut adalah pada akhir November 2011 nanti. Kemudian setelah lantai 8-10 selesai, akan dilanjutkan pembersihan pada lantai 7, 6, 5, 4, 3.

Editor: Budi Prasetyo
Sumber: Tribun Jogja
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
153968 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas