Jumat, 19 Desember 2014
Tribunnews.com

Wakil Bupati Bandung Kembali Warning Chevron

Sabtu, 1 Oktober 2011 00:16 WIB

TRIBUNNEWS.COM, SOREANG - Wakil Bupati Bandung, Deden Rumaji, kembali memperingatkan PT Chevron Geothermal Indonesia (PT CGI) untuk segera menghentikan aktivitas perluasan sumur tenaga panas bumi di Desa Cihawuk, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung.

Deden mengatakan pihaknya tak bisa membendung amarah warga jika PT Chevron tetap ngotot melakukan aktivitas eksplorasi tenaga panas bumi di Cihawuk. Kondisi terakhir di lapangan, kata Deden, warga sudah semakin marah karena PT Chevron tak menggubris tuntutan warga.

"Jangan salahkan kami jika warga marah. Ini bukan mengada-ada, kenyataan di lapangan situasinya semakin panas. Saya dan anggota DPRD Kabupaten Bandung yang datang ke Cihawuk, didemo karena disangka tak memperjuangkan mereka karena hutannya dirusak Chevron," ujar Deden seusai salat Jumat di Masjid Al Fathu, Kompleks Perkantoran Pemkab Bandung di Soreang, Jumat (30/9).

Menurut Deden, sebaiknya Chevron segera menghentikan terlebih dulu aktivitasnya di Cihawuk. Selain itu, kata Deden, segera menggelar dialog dengan warga, anggota dewan, dan jajaran Pemkab Bandung, termasuk dengan Bupati Bandung.

Menurut Deden, Chevron harus menjelaskan semua yang terkait dengan aktivitas perluasan sumur tenaga panas bumi di Cihawuk. Mulai dari perizinan hingga tuduhan tentang perusakan lingkungan di wilayah hutan konservasi tersebut.

"Sampai sekarang Chevron belum pernah sekali pun menjelaskan kasus di Cihawuk. Sementara warga masih menunggu jawaban dari kita. Apakah Chevron mau duduk bersama dengan kami atau tidak," Kalau punya, silakan datang ke Pemkab Bandung," katanya.

Deden kembali menegaskan, pembabatan hutan untuk perluasan sumur tenaga panas bumi itu tanpa ada rekomendasi dari Pemkab Bandung. Padahal sesuai aturan, keputusan menteri sekalipun terlebih dulu harus ada rekomendasi dari pemerintah daerah setempat. "Kami yang punya wilayah, jangan rusak hutan kami," ujar Deden.

Menurut Kepala Dinas Pertanian Kehutanan dan Perkebunan (Distanhutbun) Kabupaten Bandung, Tisna Umaran, lokasi sumur PT Chevron seluas 500 meter masuk wilayah Kabupaten Bandung dari perbatasan Kabupaten Garut.

Tisna mengatakan selain hutan konservasi di Cihawuk, di hutan lindung Desa Cikembang, Kecamatan Kertasari, yang berjarak sekitar 20 Km dari lokasi sumur PT Chevron, beberapa pohonnya sudah ditandai dan di bawahnya sudah ada sumur pantau yang kemungkinan besar untuk eksplorasi panas bumi.

Editor: Prawira Maulana
Sumber: Tribun Jabar

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas