• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 19 September 2014
Tribunnews.com

ITC Terbesar dan Terlengkap di Sumatera bakal Hadir di Medan

Minggu, 29 Januari 2012 00:49 WIB
ITC Terbesar dan Terlengkap di Sumatera bakal Hadir di Medan
/Tribun Manado/Rizky Adriansyah
ilustrasi

TRIBUNNEWS.COM, MEDAN-Marketing Manager Millenium Plaza Machruzar, mengatakan pasar terbesar masih didominasi para tenant (penyewa) yang menjual produk ponsel berbagai merek dengan sistem grosir.

Sebagai pusat grosir ponsel terbesar dan terlengkap di pulau Sumatera dan Banda Aceh, Machruzar berpendapat, meski tren penjualan di plaza tersebut bersifat grosir, bukan berarti pasar ritel atau pembelian per satuan produk ditinggalkan.

"Sampai saat ini tren pembelian produk masih bersifat grosir. Artinya beberapa tenant yang ada di sini menyuplai barang untuk dipasarkan kembali ke kota-kota lain: Pematangsiantar, Tebing Tinggi, Banda Aceh, dan Pekanbaru. Tetapi penjualan ritel juga cukup tinggi di sini," ujarnya, Sabtu (28/1/2012).

Dijelaskannya untuk pasar ritel sendiri per tenant yang ada di Millenium bila menjual produk ponsel berbagai merek pada hari biasa 20-30 unit. Sementara pada weekend penjualan bisa meningkat tajam di mana satu toko mampu menjual 50 unit lebih ponsel kepada konsumen.

Ia menjelaskan, besarnya persentase penjualan ponsel dengan sistem grosir dan ritel membuat pihaknya akan fokus menggarap dua pasar tersebut. Tercatat hingga saat ini telah ada 10 distributor besar ponsel yang berlokasi di Plaza Millenium, di mana per hari bisa menyuplai produk ponsel sebanyak 2.000 unit ke berbagai daerah.

Di kesempatan yang sama Tribun yang coba menyinggung penjualan iPhone 4S yang sudah dipasarkan di Indonesia, ia yakin penjualannya stabil dan tidak akan terjadi antrean panjang untuk membeli produk seperti di Jakarta dan negara-negara Eropa.

"Segmentasi iPhone belum begitu besar di Indonesia dan Sumatera Utara. Masyarakat lebih condong membeli BlackBerry dengan alasan kemudahan social network yang ada pada program BlackBerry Messenger. Kalaupun ada pembelinya kalangannya masih terbatas dan saya yakin tidak akan terjadi lonjakan pembeli di Millenium," ujarnya.

Meski demikian ia yakin, hadirnya iPhone 4S banyak mampu meramaikan pasar smartphone dan lambat laun beberapa produk akan bersaing dengan produk tersebut, meski membutuhkan waktu yan cukup lama. Meski yakin bisa diterima pasar beberapa tahun akan datang, ia meyakini BlackBerry tetap akan mendapat tempat di hati masyarakat Indonesia.

Di kesempatan yang sama, Machruzar juga banyak bercerita terkait bakal dibangunnya Information Technology Center (ITC) yang lokasinya bersebelahan dengan Millenium Plaza. Proyek yang direalisasikan bakal rampung tahun ini, ia katakan akan menjadi pusat ITC terbesar dan terlengkap di Sumatera dan Banda Aceh.

"Sebenarnya target kita selesai Juni 2012 ini karena pada Ramadan kami berencana membuat event di sana. Tetapi izin pembangunan berubah. Kemarin izin hanya satu lantai, tetapi kami ubah menjadi tiga lantai yang membuat 100 tenant penjual kebutuhan perangkat IT akan lengkap berada di sana," ujarnya.

Hampir sama dengan Millenium Plaza, ITC yang akan mereka bangun nanti akan menyasar penjualan dengan sistem grosir, prisipel dan ritel, yang akan bersatu dalam satu lokasi. Dengan terbangunnya ITC, ia berharap seluruh kebutuhan ponsel dan peralatan information technologi bisa diperoleh dalam satu lokasi tentunya dengan harga yang cukup terjangkau.(*)

Editor: Taryono
Sumber: Tribun Medan
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
216282 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas