• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 31 Oktober 2014
Tribunnews.com

13 Napi Asing Dimasukkan Lagi ke Lapas Kerobokan

Kamis, 23 Februari 2012 23:45 WIB
13 Napi Asing Dimasukkan Lagi ke Lapas Kerobokan
KOMPAS.com/ MUHAMMAD HASANUDIN
Aparat berjaga di seputar Lapas Kerobokan Denpasar Bali terkait rencana evakuasi terhadap narapidana berkebangsaan asing, Kamis (23/2/2012).

TRIBUNNEWS.COM, DENPASAR - Sejumlah 13 narapidana asing dikembalikan lagi ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kerobokan, Denpasar, Bali, pada Kamis (23/2/12) malam sekitar pukul 22.30 Wita. Dari jumlah tersebut, sembilan adalah napi wanita dan sisanya laki-laki.

Tak ada pernyataan resmi mengapa 13 napi asing itu dikembalikan lagi ke Lapas Kerobokan, yang sempat diliputi suasana mencekam pascakerusuhan pada Rabu (22/2/12) dini hari. Tetapi menurut petugas intel yang ditemui Kompas.com, pengembalian para napi asing itu berdasarkan kebijakan Kepala Lapas Kerobokan.

"Tanyakan saja kepada Kalapas, karena kami hanya jalankan perintah," ujar anggota intel yang tak bersedia namanya disebutkan itu.

Di antara 13 napi asing yang dikembalikan tersebut, terdapat terpidana mati yang terkenal dengan sebutan "Bali Nine", yaitu Scott Rush, serta satu terpidana wanita asal Denmark yang terjerat kasus narkoba, Tine Rasmussen.

Sebelumnya, ada 43 dari 60 napi asing di Lapas Kerobokan, yang dievakuasi. Tetapi dengan dikembalikannya 13 orang tersebut - yang saat evakuasi dititipkan sementara di Polresta Denpasar - maka saat ini masih ada 30 napi asing yang belum kembali.

Memang, dalam proses awal evakuasi ini para napi asing sempat menolak. Diduga, inilah yang menjadi alasan kuat sehingga para napi asing tersebut dikembalikan lagi.

Berdasarkan pantauan, situasi di sekitar lapas sudah sangat kondusif. Dari gerak-gerik aparat kepolisian, tampaknya tak ada lagi proses evakuasi seperti yang direncanakan siang tadi. Bahkan, 13 napi asing yang sudah dievakuasi tadi, telah dikembalikan lagi.

Editor: Prawira Maulana
Sumber: Kompas.com
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas