Kamis, 18 Desember 2014
Tribunnews.com

Lembang Siaga Longsor

Jumat, 9 Maret 2012 07:31 WIB

Lembang Siaga Longsor
google
Ilustrasi

Laporan Wartawan Tribun Jabar

TRIBUNNEWS.COM, BANDUNG - Camat Lembang, Hendra Trismayadi, mengimbau warga untuk mewaspadai ancaman longsor dan pergerakan tanah. Terlebih, jika hujan turun terus-menerus di satu kawasan lebih dari dua jam. Lembang yang memiliki tanah gembur dinilai sangat mudah tergerus air.

Kebanyakan, rumah-rumah di Lembang didirikan di atas atau pada badan tebing atau gawir. Padahal, ucapnya, tebing atau gawir ini adalah kawasan yang sangat rawan longsor apabila kestabilan tanahnya terganggu oleh kandungan air dari hujan atau saluran air.

"Kalau sudah musim hujan begini, handphone aparat desa dan kecamatan tidak pernah mati karena kami diimbau siaga 24 jam oleh Bupati. KBB masih dalam masa siaga bencana. Makanya, warga diimbau untuk segera melaporkan kejadian bencana kepada kami supaya penanganannya bisa dilakukan secepat mungkin," ujar Hendra, Jumat (9/3/2012).

Selain itu, ucapnya, kerja bakti seharusnya dilakukan warga tidak hanya untuk melakukan upaya pemeliharaan kesehatan dan kebersihan lingkungan saja. Warga seharusnya juga memeriksa keamanan lingkungannya. Apabila ditemukan beberapa titik yang berpotensi longsor, warga pun diimbau untuk segera melaporkannya.

Editor: Hendra Gunawan
Sumber: Tribun Jabar

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas