• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Senin, 1 September 2014
Tribunnews.com

Batak Night yang Eksklusif

Sabtu, 10 Maret 2012 21:27 WIB
Batak Night yang Eksklusif
NET
Alat musik batak, Gondang

Laporan wartawan Tribun Medan, Silfa Humairah

TRIBUNNEWS.COM, MEDAN - Batak Night yang diselenggarakan di The View Swiss Bel Hotel Medan, Jumat malam (9/3/2012), sangat memukau pengunjung. Acara ini menyuguhkan aneka seni dan budaya masyarakat Batak.

Sesuai dengan namanya, Batak Night memang bernuansa Batak. Aneka aksesoris yang menjadi ciri khas Batak, ada di sana. Busana dan tata pangung dari ulos, aneka penganan seperti kue lapet, ombus-ombus dan kacang goreng juga ada. Musik yang diperdengarkan di acara itu juga musik Batak. Sudah tentu, yang menghadiri umumnya orang Batak.

"Batak Night ini digelar untuk meningkatkan dan membangkitkan rasa bangga akan budaya Batak," ujar Direktur Utama Batak Nature, Paulina Ginting selaku penyelenggara.

Herri Zulkarnaen Ketua Fraksi Demokrat DPRD Kota Medan menuturkaan Batak Nigth ini memang di Medan tampil eksklusif.

"Kalau bisa ini semua ditonton setiap kalangan dan bisa berbaur untuk semua orang sehingga budaya batak bisa dikenal," ungkapnya saat menghadiri acara perdana Batak Nigth.

Amigos sebagai salah satu grup penyanyi ibukota yang sangat kental dangan Batak ini menjadi pengisi acara. Lebih dari dua jam, group yang terdiri dari 4 personil ini, mampu tampil energik dan berhasil memukau para tamu yang terdiri dari kalangan atas. Tampil dengan baju seragam berupa hitam-hitam, semua personil berusaha berkomunikasi dengan penonton dengan bahasa Batak.

"Ramai sekali disini ya, adong dari Siantar, Tanjung Balai, Kisaran, adong dari Jakarta?. Ho ma," ujar salah satu personil Amigos, Vico Pangaribuan.

Penampilan personil Amigos Band dibuka cukup meriah dengan komposisi pembagian suara antara personil, membuat para penonton cukup terhipnotis. Pada pertengahan pertunjukkan, secara mengejutkan, salah àsatu artis yang memiliki darah Sumut Tio Fanta ikut bergabung. Dan dipastikan para ibu yang menjadi sosialita Medan pun turut berbagi panggung. "Biring-Biring bersama Tio Fanta, mari kita bergoyang," ujar àpersonil Amigos yang memiliki ciri khas dengan kepala plontos ini.

Pertunjukkan pun kembali dilanjutkan, dengan menampilkan berbagai lagu Batak, mulai dari Alusia, Situmorang, Boa, Tano Batak, dan lainnya. Tetapi penampilan yang paling ditunggu, saat personil ini menyanyikan lagu "Seroja" yang membuat mereka dikenal secara luas, baik dalam maupun luar negeri. Lagu ciptaan Said Kelana ini diaransemen ulang. Salah satu nya dengan musik yang dipadukan dengan suling yang berirama Sunda. Bahkan, saat lagu ini dinyanyikan, terlihat semua terdiam dan menikmati lagu. Sentuhan gitar dari pemain ini mampu terbius dan terlena sejenak. Kepergian Diva Pop Internasional juga tidak luput dari perhatian Amigos Band.

Lagu Soundtrack film The Bodyguard ini pun mengalun lengkap dengan suara saxophone. Sebagai pengisi acara, tidak heran bila penampilan personil band yang terbentuk pada tahun 1970an ini bercorak Batak, seperti pemakaian kain ulos yang disandingkan dileher (syal), atau kemeja hitam dengan corak ulos. Bahkan para penonton juga tidak ketinggalan, sebagian besar yang hadir, turut tampil maksimal dengan menggunakan ulos sebagai aksesoris fashionnya.Salah satu penonton yang turut hadir dalam acara ini, adalah Damai Yona Nainggolan, anggota DPRD Medan ini memang menyukai live music. Karena ini mengangkat tema budaya, tidak heran bila mau turut hadir, walau acara ini dilaksanakan saat malam hari.

"Kalau bukan kita yang memiliki darah batak yang meriahkan, siapa lagi?. Saya bangga dengan Batak saya, jadi saya akan dukung semua kegiatan budaya, apalagi budaya Batak," ucapnya.

Editor: alfons nedabang
Sumber: Tribun Medan
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
341142 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas