• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 18 April 2014
Tribunnews.com

Gali Lubang, Dua Penghuni Rutan Kotabumi Kabur

Selasa, 13 Maret 2012 18:10 WIB

TRIBUNNEWS.COM, KOTABUMI - Sebanyak 2 penghuni Rumah Tahanan (Rutan) kelas II B Kotabumi, Lampung Utara, Kabur, Selasa (13/3/2012) sekitar pukul 07.00 WIB.

Kepala Rutan kelas II B, Kotabumi, Sulistiyono membenarkan dua orang tahanan meloloskan diri. Mereka adalah Arifin bin Sahri dengan kasus narkoba dan Apryansyah alias App bin Mat Roni kasus 365 dengan tempat kejadian perkara, Sinar Laut, Bumi Waras.

"Untuk Arifin merupakan tahanan Jaksa Kejaksaan Negeri Kotabumi, sedangkan Apryansyah sudah berstatus narapidana," kata Sulistiono kepada sejumlah wartawan, Selasa (13/3/2012).

Menurut Sulistiyono, kedua tahanan tersebut melarikan diri dari Rutan dengan cara menggali lubang dengan diameter 1 x 1 meter dari tanah bagian kanan belakang Rutan.

"Mereka menggali lubang yang tembus keluar tembok Rutan, dengan panjang terowongan diperkirakan 2 meter," jelasnya.

Setelah kejadian tersebut, pihak Rutan meminta bantuan kepada Polres Lampura, guna melakukan identifikasi. Pantauan Tribun Lampung, sejumlah anggota dari Polres langsung melakukan olah tempat kejadian perkara. Mereka lantas meminta keterangan beberapa orang dari pihak Rutan.

Dari hasil galian, lubang yang diduga menjadi tempat pelarian penghuni berkedalaman 1 meter. Selain itu, pelaku berusaha melubangi dinding, hal ini diketahui dari guratan tembok Rutan yang sudah berlubang.

Menurut Ipda Serupi Kunang, Kaur Bin Ops Satreskrim Polres Lampura, lubang sudah dibuat pelaku sekitar 3 hari lalu. Sebab galian yang berada didalam sudah ditutupi alang-alang.

Sedangkan lubang yang diluar juga ditutup rumput. "Rumput sudah mengering, sehingga dipastikan lubang digali disinyalir sudah lebih dari sehari," ujarnya.

Kedua tahanan tersebut, menghuni sel Blok C kamar nomor 4. Didalam ruangan tersebut, tinggal tiga orang. "Satu tahanan saat ini masih di Rutan," ujarnya.

Sebelum kabur, menurut salah satu pegawai Rutan, Asep, Afriansyah berpamitan kepada rekan satu selnya untuk ke kantin. "Dia pergi dengan Arifin hendak minum kopi, di kantin," ujarnya, Selasa (13/3/2012).

Hal tersebut, terjadi sekitar pukul 06.00 WIB. Saat itu, sekitar pukul 07.00 WIB, saat tamping (pembantu pegawai) membuka pintu sel tahanan kemuadian para tahanan ke luar untuk bersih-bersih. Tiba-tiba saat pengecekan diketahui dua orang tahanan tidak ada didalam sel.

"Diperiksa saat penggantian tugas jaga, mereka tidak ada di ruangnya," jelasnya.

Pascaperistiwa tersebut, keluarga penjenguk tahanan belum dapat bertemu keluarganya. Yuli misalnya mengungkapkan saat itu dia bermaksud berkunjung ke Rutan menemui salah satu keluarganya. Namun pihak Rutan belum membolehkan. "Rutan masih melakukan rapat, jadi belum bisa berkunjung," ujarnya saat ditemui di Rutan.

Editor: Dewi Agustina
Sumber: Tribun Lampung
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
350172 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI KOMENTAR SAYA
Atas