• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 2 Oktober 2014
Tribunnews.com

Jaga UN Polisi di Mojokerto Dilarang Pakai Seragam

Senin, 16 April 2012 22:08 WIB
Jaga UN Polisi di Mojokerto Dilarang Pakai Seragam
Surya
Polisi di Mojokerto tak pakai seragam saat awasi Ujian Nasional

TRIBUNNEWS.COM,MOJOKERTO--Aparat kepolisian yang menjaga pelaksanaan ujian nasional (Unas) SMA/SMK/MA di Kota Mojokerto dilarang menggenakan seragam dinas. Pelarangan ini bertujuan agar tidak memberikan efek psikologis menakutkan bagi peserta Unas.

“Semua harus mengenakan pakaian biasa (preman -red),” ujar Kapolres Mojokerto Kota AKBP Iwan Kurniawan, Senin (16/4/2012).

Tugas kepolisian, menurut Iwan, hanya mengawal soal Unas, jadi tidak perlu atribut pakaian lengkap. “Kita hanya bertugas mengawal soal Unas, bukan mengamankan siswa yang ujian, jadi tidak perlu berseragam,” katanya.

Setiap sekolah, Polres Mojokerto Kota menurunkan dua petugas di dalam ruang ujian, serta satu petugas mengatur arus lalu lintas di depan sekolah. “Setiap dua sekolah dikendalikan oleh seorang Pawas (Perwira Pengawas),” kata dia.

Selain itu, fokus pengawasan petugas kepolisian ditekankan pada kebocoran soal maupun jawaban Unas. Setiap anggota kepolisian wajib mengawasi kemungkinan terjadi kebocoran soal maupun jawaban UNAS. Namun, sampai siang kemarin, polisi belum menerima laporan adanya kebocoran terkait pelaksanaan Unas di Kota Mojokerto ini.

Iwan mengatakan, pengerahan personil polisi dilakukan hingga hari terakhir Unas, yakni Kamis (19/4/2012) mendatang. Demi kenyamanan para siswa, bahkan polisi menutup sejumlah ruas jalan selama pelaksanaan Unas berlangsung.

Ruas jalan yang ditutup beberapa jam ini terjadi di Jl Pemuda Kota Mojokerto yang lokasinya tepat berhimpitan dengan SMAN 3 Kota Mojokerto. “Kita tutup sementara karena lokasi sekolah berdekatan dengan jalan raya, suara kendaraan bermotor dikhawatirkan mengganggu peserta UNAS,” ujarnya
.
Terpisah Kasie kurikulum Dinas P dan K kota Mojokerto Agus Astono mengatakan, pelaksanaan Unas di hari pertama berjalan lancar. Hingga sore hari seluruh sekolah penyelenggara Unas tidak ada yang melaporkan satupun persoalan yang berarti.

Unas SMA/MA/SMK di Kota Mojokerto tahun ini berjumlah 3.624 peserta, dengan peserta SMA 1.701 peserta, sedangkan tingkat SMK berjumlah 1.923. Sedang di wilayah Kabupaten Mojokerto terdapat 10.994 siswa peserta Unas.

Editor: Rachmat Hidayat
Sumber: Surya
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
447851 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas